Jakarta (ANTARA News) - Bank ICB Bumiputera meraih predikat sebagai Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) dari The Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG).

Siaran pers ICB Bumiputera yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan, pengakuan tersebut diperoleh melalui survei Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2009 yang dilakukan oleh The Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) pada tahun 2010 terhadap perusahaan publik.

Penilaian dalam survei itu terbagi dalam 4 tahapan yakni tahapan self assessment yang dilakukan dengan cara mengirimkan kuesioner kepada responden yang terdiri dari internal dan eksternal perusahaan.

Kuesioner tersebut untuk menilai 13 aspek yang meliputi komitmen, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, kompetensi, kepemimpinan, kemampuan bekerjasama, penjelasan visi, misi, dan tata nilai perusahaan, moral dan etika, strategi dan budaya perusahaan.

Tahapan lainnya berupa penilaian atas dokumen tertulis pendukung budaya perusahaan, pembuatan makalah good corporate governance sebagai budaya dan terakhir adalah tahapan observasi atas keseluruhan tahapan ini.

Survei Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2009 ini berlangsung sejak Juli sampai dengan November 2010.

Presiden Direktur Bank ICB Bumiputera, Sridhar Natarajan mengatakan bahwa penerapan good corporate governance di Bank ICB Bumiputera sejalan dengan komitmen pemegang saham ICB Financial Group Holdings AG, perusahan yang didirikan di Switzerland dan mencatatkan sahamnya di London Stock Exchange.

Bank ICB Bumiputera akan terus berupaya meningkatkan kinerjanya melalui standar yang tinggi atas penerapan good corporate governance sesuai dengan misi perusahaan.
(B010)

Pewarta: Advetorial
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010