Bandung (ANTARA News) - Bobotoh atau publik sepak bola Kota Bandung dipastikan tidak kebagian tiket penerbangan Bandung - Kuala Lumpur sehingga mereka tidak bisa menyaksikan pertandingan final sepak bola Piala AFF Indonesia melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia, Minggu (26/12).

Dua penerbangan yang melayani rute langsung Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Kuala Lumpur yakni Air Asia dan Malaysia Air sudah penuh sejak jauh-jauh hari dipesan oleh warga Malaysia yang akan berlibur akhir tahun di kampung halamannya.

"Untuk penerbangan akhir tahun sudah penuh, rata-rata dipesan oleh para mahasiswa yang akan pulang ke Kuala Lumpur. Kebetulan momen final sepak bola itu bersamaan dengan puncak arus penumpang akhir tahun," kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Mulya Abdi di Bandung, Kamis.

Ia menyebutkan, pertandingan final yang digelar akhir tahun ini, kata dia berbarengan dengan puncak penumpang akhir tahun berkenaan liburan Natal dan Tahun Baru 2011.

Tanpa ada pertandingan sepak bola sekalipun, kata Mulya, jumlah penumpang akhir tahun selalu meningkat ke semua jurusan yang dilayani oleh Air Asia.

Mulya menyebutkan, selama ini Air Asia melayani rute Bandung - Malaysia sebanyak tiga trip dan okupansinya cukup tinggi, terutama pada akhir pekan dan liburan, sedangkan Malaysia satu trip penerbangan.

"Sebaiknya bagi yang ingin nonton bola berangkat lewat Bandara Soekarno Hatta. Mungkin lebih banyak banyak pilihan di sana," kata Mulya.

Sementara itu penerbangan Bandung - Kuala Lumpur sudah penuh sejak pemberangkatan 21 Desember 2010. Hal sama juga bagi penerbangan dari Kuala Lumpur ke Bandung. Demikian halnya rute Bandung - Singapura juga menjadi primadona pada liburan akhir tahun ini.
(S033/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010