Tokyo (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates akan melakukan kunjungan dua hari ke Jepang dari 13 Januari untuk bertemu dengan timpalannya Toshimi Kitazawa, di samping para pemimpin lain, kata Sekretaris Pers Pentagon Geoff Morrell Jumat.

"Kami akan memanfaatkan kunjungan itu untuk membahas perkembangan keamanan saat ini di kawasan itu, dan terhadap perkembangan lebih lanjut agenda jangka panjang kami untuk memperkokoh dan memperdalam persekutuan bilateral," kata Morrell kepada wartawan setempat.

Menurut para pejabat Pentagon, Gates dan Kitazawa diperkirakan akan membahas mengenai cara-cara untuk meningkatkan persekutuan keamanan AS-Jepang pada saat keamanan geopolitik di Semenanjung Korea telah dipertanyakan baru-baru ini.

Kunjungan itu akan "menggarisbawahi pentingnya hubungan AS-Jepang untuk mengatasi tantangan regional dan global," tambah pejabat Pentagon.

Kunjungan Gates yang akan datang ke Jepang terjadi pada saat pemerintah pusat Jepang mengumumkan penundaan lebih dari batas waktu bagi relokasi Pangkalan Udara Korps Marinir AS yang kontroversial Futenma di Okinawa, di Prefektur Jepang selatan.

Para analis mengatakan masalah tersebut merupakan sumber perselisihan lokal dan gunjingan politik serta ujian kesabaran bagi Washington dengan Tokyo.

Kunjungan ini akan menjadi katalisator mencolok bagi Perdana Menteri Naoto Kan dan partainya yang berkuasa Partai Demokrat Jepang (DPJ) untuk bergerak ke arah penyelesaian masalah itu secepatnya, kata analis.(*)
Xinhua/H-AK//B002

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010