Jakarta (ANTARA News) - Skype merilis versi baru dari aplikasi telepon untuk iPhone, yang menambahkan fitur video chat yang melampaui apa yang ditawarkan Apple.

CNN melaporkan dengan aplikasi Skype yang dirilis Rabu (29/12), para pemilik iPhone 4 dan model 3GS terdahulu bisa melakukan panggilan video melalui jaringan 3G AT&T.

Karena 3GS hanya memiliki satu kamera di belakang, menggunakannya untuk obrolan video kurang ideal.

Apple memiliki fitur obrolan video sendiri yang disebut FaceTime. Fitur itu ada pada iphone 4 dan iPod Touch baru. Fitur FaceTime tidak bisa melakukan panggilan video melalui jaringan AT&T, hanya melalui WiFi.

Apple mengatakan operator meminta waktu untuk meningkatkan jaringan mereka untuk menangani beban trafik panggilan video.

Para pengguna Mobile FaceTime bisa memanggil komputer Mac yang diinstal program beta Apple, yang tersedia di situs Apple. Para pengguna aplikasi Skype bisa melakukan panggilan pada komputer Mac maupun Windows yang tersinstal piranti lunak Skype.

Sebagai tambahan untuk panggilan video 3G dan panggilan suara, aplikasi Skype juga bisa melakukan panggilan melalui koneksi WiFi. iPad dan iPod Touch model terdahulu bisa menerima panggilan tetapi tidak bisa mengirimkan video karena tidak memiliki kamera.

Menurut CNN, berdasarkan pengujian yang mereka lakukan, kualitas video tidak setajam FaceTime. Tetapi, tidak seperti FaceTime, aplikasi itu mengenali saat memakai mode "portrait" atau "landscape."

CNN melaporkan, spekulasi mengenai Skype menambahkan fitur video mulai menyebar minggu ini. Beberapa laporan menyebutkan fitur itu akan menjadi fokus perusahaan saat konferensi pers pada Consumer Electronics Show minggu depan.

Aplikasi Android Skype tidak mendukung panggilan video, tetapi pengembang aplikasi lain sudah menemukan solusi.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010