Yogyakarta (ANTARA News) - Sekitar 15.000 orang diperkirakan memadati tempat wisata rekreasi edukasi di Yogyakarta, Taman Pintar pada libur Tahun Baru 2011, Sabtu.

"Jumlah itu adalah wisatawan yang membeli tiket untuk masuk ke sejumlah wahana, tetapi apabila ditambah dengan wisatawan yang hanya bermain di `playground`, jumlahnya bisa mencapai lebih dari 18.000 orang," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Ita Ristanti di Yogyakarta.

Menurut dia, selalu terjadi peningkatan jumlah pengunjung di Taman Pintar hingga mencapai belasan ribu orang, khususnya pada musim liburan seperti Juni dan Juli saat libur sekolah, dan pada Desember yang merupakan libur akhir tahun, dan biasanya bertepatan dengan libur sekolah.

"Juni, Juli dan Desember adalah masa puncak kunjungan wisatawan ke Taman Pintar," katanya.

Ia berharap kepadatan kunjungan wisatawan ke Taman Pintar itu juga akan terjadi pada Minggu (2/1) dengan jumlah mencapai sekitar 15.000 orang.

"Saya optimistis jumlah tersebut masih bisa tercapai. Masih banyak wisatawan dari luar kota yang berkunjung ke Taman Pintar," katanya.

Bertepatan dengan libur tahun baru, Ita mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar banyak yang berasal dari luar kota, khususnya dalam rombongan-rombongan besar.

Hingga 31 Desember 2010 tepat pukul 17.00 WIB jumlah pengunjung di Taman Pintar selama satu tahun tercatat sebanyak 1.127.922 orang atau meningkat sekitar 20.000 orang dibanding jumlah pengunjung selama 2009.

"Target kunjungan pada 2010 adalah satu juta pengunjung. Sehingga kami bisa tetap memenuhi target meskipun sempat mengalami penurunan jumlah pengunjung pascaerupsi Merapi," katanya.
(E013/M008/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011