PON Papua

Made Ardi Arimbawa bertekad sumbang emas tarung derajat untuk Bali

Made Ardi Arimbawa bertekad sumbang emas tarung derajat untuk Bali

Atlet tarung derajat Bali I Made Ardi Arimbawa (kiri). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Denpasar (ANTARA) - Atlet tim tarung derajat Bali I Made Ardi Arimbawa bertekad menyumbangkan medali emas untuk kontingen Bali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober mendatang. 

Pada PON Papua, yang merupakan PON pertama yang diikutinya, Made Ardi Arimbawa akan bertanding pada kelas tarung 64,1-67 kilogram.

"Kemarin pada saat Pra-PON tahun 2019, saya berhasil meraih medali emas. Jadi untuk PON bulan depan di Papua, saya juga menargetkan bisa dapat medali emas untuk Provinsi Bali," ujar Made Ardi Arimbawa di Kota Denpasar, Bali, Minggu.

Ia mengatakan hingga saat ini, persiapannya sudah mencapai 95 persen dan sangat siap bertanding, melihat kemampuan teknik serta fisik yang ia miliki sebagai hasil dari latihannya secara intensif. 

Namun sebelum berangkat ke Papua, ia mengaku akan terus memanfaatkan waktu yang ada guna meningkatkan kemampuannya, khususnya terkait mental bertanding.

Baca juga: Kontingen Bali targetkan 30 medali emas pada PON Papua 

Lebih lanjut, menurut dia, dari beberapa kali uji coba tanding yang telah dilakukan, mental bertanding merupakan faktor yang masih harus terus ia tingkatkan, khususnya mengingat uji coba tanding dilakukan dengan rekan satu daerah yang pernah berlatih bersama, sehingga secara psikologis akan berbeda jika dibandingkan dengan bertanding melawan atlet dari daerah lain. 

"Rasa percaya diri dan mental bertanding yang menurut saya masih harus terus dikuatkan menjelang berlaga dalam PON Papua nanti," ungkap Made.

Ia menambahkan pada PON XX Papua nanti, ia akan mengerahkan seluruh kemampuannya agar dapat tampil secara apik dan maksimal serta bisa memenuhi target medali emas.

"PON ini adalah mimpi saya sejak dulu. Saya mengawali karir dengan ikut Pekan Olahraga Pelajar, di situ saya sering kalah, namun terus berlatih dan mendapat dukungan, khususnya dari Sekretaris Umum Pengprov Kodrat Bali AA Bagus Tri Candra Arka yang memberi semangat dan mendorong saya kalau suatu saat bisa bermain di PON, dan akhirnya sekarang saya bisa membuktikan itu," tutur Made.

"Urusan menang kalah hanya Tuhan yang mengatur dan mengetahui, yang penting saya akan berusaha maksimal dan optimistis dapat menang untuk mengharumkan nama Bali," tambahnya. 

Pada ajang PON XX Papua, tim tarung derajat Bali akan mengirimkan delapan petarung yang terdiri dari enam putra dan dua putri, dengan target tiga medali emas. 

Baca juga: Tim tarung derajat Bali targetkan tiga medali emas PON Papua 
 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PBVSI Kepri mulai jaring atlet PON XXI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar