Denpasar (ANTARA News) - Penumpang arus balik masa akhir liburan akhir tahun dari Terminal Ubung, Kota Denpasar, Bali, tujuan sejumlah kota di Jawa, terutama Malang, Jawa Timur, hingga Minggu malam masih melimpah dan ratusan orang di antaranya belum terangkut karena kehabisan bus.

Dari Terminal Ubung, Kota Denpasar, wartawan ANTARA melaporkan, ratusan calon penumpang yang sebagian besar tujuan Terminal Arjosari, Kota Malang, hanya bisa duduk-duduk di bangku ruang tunggu, berharap ada bus bantuan yang datang.

Berdasarkan jadwal pemberangkatan bus, untuk tujuan Malang tinggal tiga unit bus yang tidak lagi menyisakan bangku, yakni PO Medali Mas dan sebuah bus pariwisata bantuan yang dioperasikan oleh perusahaan otobus yang sama, dengan tarif Rp160 ribu serta Damri dengan tarif Rp145 ribu per orang.

Menurut sejumlah keterangan, PO Gunung Harta yang biasanya hanya mengoperasikan beberapa unit bus, sejak sore hingga malam itu sudah memberangkatkan sekitar 20 unit bus, sebagian besar tujuan Malang-Blitar hingga Tulungagung.

"Sebenarnya bus tambahan yang dioperasikan dengan tujuan Malang sudah banyak. Selain Gunung Harta, sejumlah perusahaan otobus lainnya yang biasanya hanya mengoperasikan satu hingga tiga unit, tadi sudah memberangkatkan sampai enam unit. Banyak yang belum terangkut karena penumpang tujuan Malang sangat melimpah," kata Sudhiarta, salah seorang petugas di Terminal Ubung.

Sementara untuk tujuan Surabaya, meski penumpangnya juga melimpah, tetapi seluruhnya dapat terangkut karena dapat terus didatangkan bus pariwisata bantuan sesuai kebutuhan, dengan tarif untuk kelas eksekutif juga Rp160 ribu per orang.

Seperti bus pariwisata PO Suryantha dan sebuah bus pariwisata lainnya, awak busnya masih terus mangkal guna mencari tambahan penumpang. "Kalau untuk tujuan Surabaya jumlah bus yang bisa didatangkan banyak, sedangkan tujuan Malang terbatas," kata salah seorang awak bus.

Menurut keterangan, bus pariwisata atau bus reguler yang bisa dijadikan armada bantuan hanya yang memiliki domisili sesuai kota tujuan. Saat ini, bus yang berasal dari Surabaya jumlahnya sangat banyak, sedangkan yang alamat surat kendaraannya asal Malang masih terbatas.

Penumpang tujuan Banyuwangi-Jember juga masih melimpah, namun bus tujuan tersebut masih tersedia dan secara bertahap ada yang masuk Terminal Ubung untuk kemudian segera disiapkan guna diberangkatkan lagi.

Calon penumpang yang masih menunggu kedatangan bus di antaranya untuk tujuan Lombok-Sumbawa, sedangkan untuk tujuan Yogyakarta, Semarang, Bandung, Bogor dan Jakarta, busnya sudah diberangkatkan lebih awal, sejak sore hari.(*)

(T.T007/M026/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011