Solo (ANTARA News) - Sungai Bengawan Solo meluap. Sedikitnya150 rumah yang berada di RT 01 RW3 dan RT 03 RW2 kampung Putat Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres, Kota Surakarta terendam air dengan kedalaman antara 1,5 meter sampai 5 meter.

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Solo akibat hujan yang terus-menerus turun di bagian hulu sungai di Wonogiri, Gunung Merapi.

Airmulai masuk ke sejumlah rumah pada Selasa dini hari. Sampai pukul 07.15 WIB, banjir masih belum surut, kata Tukino (61) warga kampung Putat yang rumahnya juga ikut terendam airdi tempat pengungsian Tanggul Selasa.

Warga yang kebanjiranmengungsi ketanggul sungaidengan mendirikan tenda-tenda. "Disini tenda untuk mengungsi selalu siap karena banjir tidak hanya kali ini dan bulan Nopember dan Desember 2010 juga banjir, tetapi tidak sebesar sekarang ini," katanya.

Rumah milik warga yang kebanjiran itu hampir semuanya berada di daerah bantaran sungai Bengawan Solo.

"Ya kalau rumah-rumah diluar bantaran jelas sekarang ini tidak kebanjiran karena pintu pembuangan air dari kota ke sungai sekarang sudah baik. Mungkin pintu air itu kalau masih rusak seperti dulu air ini bisa masuk kota, karena banjir kali ini tergolong besar," kata Tukino.

Warga yang kebanjiran juga sudah direlokasi ke Mipitan, Mojosongo Kota Surakarta.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011