Pemkab Gresik targetkan capai kekebalan komunal dalam pekan ini

Pemkab Gresik targetkan capai kekebalan komunal dalam pekan ini

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (tengah) meninjau vaksinasi pelajar di Gresik. ANTARA/HO-Pemkab Gresik

minimal 10 ribu vaksinasi per hari
Gresik, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur menargetkan capaian kekebalan komunal 70 persen dalam pekan ini, karena saat ini jumlah penduduk yang telah divaksin mencapai 520 ribu jiwa, dari total jumlah penduduk sebesar 1,3 juta jiwa.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat rapat evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) di Gresik, Selasa mengatakan, 70 persen angka kekebalan komunal itu jika dihitung dari total jumlah penduduk adalah sebesar 917 ribu jiwa.

"Selisih angka 397 ribu jiwa inilah yang ditargetkan bisa dikejar dalam 2 minggu ke depan. Dan setiap harinya harus mencapai minimal 10 ribu vaksinasi per hari, oleh karena itu perlu sinergitas yang baik hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan sehingga vaksinasi bisa berjalan lancar," kata Bu Min, sapaan akrab, Aminatun Habibah.

Bu Min menjelaskan angka akhir persentase vaksinasi per hari ini sebesar 51 persen untuk dosis pertama, dan 20 persen untuk dosis kedua. Angka itu mengalami peningkatan sebesar 13 persen dibanding pekan sebelumnya.

Baca juga: Ketua DPD RI apresiasi Jatim turun level PPKM
Baca juga: Pembukaan destinasi wisata di Jatim tak ganggu penanganan COVID-19


Sementara terkait evaluasi PTM di Gresik, Bu Min mengapresiasi semua pihak yang sudah bekerja keras agar berjalan lancar dan kondusif, terutama juga kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar dan santri yang terus diakselerasi dari hari ke hari.

"Kegiatan PTM di Gresik sudah berlangsung kurang lebih dari tiga pekan. Walaupun dalam pelaksanaannya masih dilakukan secara terbatas kami lihat sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Insya Allah mereka melakukan pembelajaran dengan aman," kata Bu Min.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Gresik S Hariyanto menjelaskan, selama kegiatan PTM berjalan, tidak ada laporan mengenai adanya pelajar yang terinfeksi COVID-19 akibat dari kegiatan PTM.

"Dari laporan yang disampaikan, diketahui bahwa saat ini hampir 94 persen pelajar sudah melakukan PTM dan sisanya sebesar 6 persen masih melakukan pembelajaran jarak jauh atau melalui daring," katanya.

Baca juga: Gresik pindahkan pasien yang jalani isoman ke tempat isolasi terpusat
Baca juga: Pemkab Gresik terima bantuan penanganan COVID-19 senilai Rp6,3 miliar
Baca juga: Pemkab Gresik ubah tiga mobil dinas jadi ambulans darurat

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PMI Sumbar gelar vaksinasi massal kejar target kekebalan komunal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar