Liga Belanda

Ajax lanjutkan pesta gol di kandang Fortuna Sittard

Ajax lanjutkan pesta gol di kandang Fortuna Sittard

Bek sayap Ajax Nicolas Tagliafico (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol kelima timnya ke gawang Fortuna Sittard dalam laga lanjutan Liga Belanda di Stadion Fortuna Sittard, Sittard, Belanda, Selasa (21/9/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Maurice van Steen)

Jakarta (ANTARA) - Ajax melanjutkan pesta gol di kandang Fortuna Sittard kala membukukan kemenangan 5-0 dalam laga pekan keenam Liga Belanda di Stadion Fortuna Sittard, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hasil itu jadi kelanjutan dari kemenangan telak 9-0 yang dibukukan Ajax atas tim promosi SC Cambuur Leeuwarden di pertandingan sebelumnya, tiga hari yang lalu.

Lima gol Ajax ke gawang Fortuna disumbangkan oleh lima pemain berbeda yakni Steven Berghuis, Noussair Mazraoui, Dusan Tadic, Mohammed Kudus dan Nicolas Tagliafico.

Baca juga: PSV harus relakan posisi puncak selepas dipecundangi Feyenoord

Tim besutan Erik ten Hag itu memantapkan posisi mereka di puncak klasemen dengan koleksi 16 poin, sedangkan Fortuna yang gagal menambah raihan empat poin turun ke urutan ke-16, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Tampil menekan sejak sepak mula, Ajax membuka keunggulan mereka pada menit ke-11 melalui gol Berghuis memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Sebastien Haller yang gagal dihentikan sempurna oleh kiper Yanick van Osch.

Dominasi Ajax yang berlanjut membuahkan hasil pada menit ke-27 saat Mazraoui melepaskan tembakan jarak jauh untuk menyambar umpan sodoran Haller demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang tuan rumah.

Lantas pada menit ke-38 Tadic mencetak gol ketiga Ajax yang membuat tim tamu memegang keunggulan meyakinkan 3-0 atas Fortuna saat turun minum.

Baca juga: Pemain muda Ajax Amsterdam meninggal karena kecelakaan mobil

Ajax menambah lagi keunggulan mereka pada menit ke-72 melalui sontekan jarak dekat Kudus yang tinggal menyelesaikan operan matang Tadic.

Lima menit berselang, gol kelima Ajax lahir melalui kaki kiri Tagliafico, lagi-lagi buah dari umpan Tadic.

Empat menit kemudian Tadic ditarik keluar Ten Hag, digantikan Danilo, kembali ke bangku cadangan dengan catatan gemilang satu gol dan dua assist sementara Ajax mempertahankan skor 5-0 hingga peluit bubaran terdengar.

Kedua tim merumput lagi pada Sabtu nanti, saat Ajax menjamu Groningen di Johan Cruijff Arena dan Fortuna bertandang ke GelreDome menghadapi Vitesse Arnhem.

Baca juga: AZ Alkmaar raup kemenangan perdana, NEC lanjutkan tren positif


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar