Manado (ANTARA News) - Pekan sebelum libur sekolah berakhir, masyarakat Kota Manado, Sulawesi Utara, ramai mengunjungi lokasi wisata, salah satunya Citraland Waterpark Manado dengan jumlah pengungjung naik empat kali dari biasanya.

"Pengunjung pada Sabtu (8/1) terakhir mengalami peningkatan hingga mencapai 2.000 orang, padahal hari normal hanya sekitar 500 orang. Kebanyakan anak-anak," kata Meidy, salah satu petugas keamanan di lokasi wisata citraland Waterpark Manado, Sabtu.

Meidy mengatakan, kunjungan yang tercatat paling banyak terutama terjadi pada 2 Januari 2010. Saat itu jumlah karcis masuk yang habis dibeli pengunjung lebih dari 2.500 lembar.

"Citraland waterpark merupakan satu-satunya lokasi wisata yang menampilkan keunikan terutama bagi anak-anak, karena itu menjadi salah satu tujuan masyarakat Manado disaat libur," kata Meidy.

Sandra, salah seorang pengunjung lokasi wisata yang berlokasi di kompleks perumahan Citraland, Winangun Manado mengatakan, sudah menjadi kebiasaan memanfaatkan saat berakhirnya liburan sekolah dengan mengunjungi tempat wisata.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Sulut, Mochammad Naliko, mengharapkan, pemerintah daerah memperbaiki lokasi wisata sehingga semakin menarik dikunjungi masyarakat baik lokal maupun wisatawan mancanegara.

"Keberadaan lokasi wisata sangat mendukung bertumbuhnya pariwisata, karena itu pemerintah daerah supaya lebih peduli dengan menyiapkan dana cukup guna pengembangan tempat wisata di Sulut," kata Naliko.

Naliko mengatakan, pariwisata bukan hanya dinilai dari kunjungan wisatawan asing, tetapi juga bagaimana masyarakat Indonesia mampu memanfaatkan lokasi wisata di Indonesia.

(G004/S019/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011