Surabaya (ANTARA News)  - Operator telekomunikasi PT Telkomsel belum berencana menaikkan kapasitas jaringan layanan Blackberry, kendati jumlah pelanggannya dalam setahun terakhir melonjak sekitar tiga kali lipat.

Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Gilang Prasetya, kepada wartawan di Surabaya, Sabtu, mengatakan jaringan layanan Blackberry yang saat ini berkapasitas 1,2 Gbps masih cukup untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan.

Layanan tersebut juga didukung lebih kurang 37.000 "Base Transceiver Station" (BTS), termasuk 7.000 Nobe B (BTS 3G) yang tersebar hingga pelosok Indonesia.

"Kapasitas jaringan 1,2 Gbps itu juga baru dinaikkan pada Oktober 2010 lalu. Kemungkinan untuk menaikkan kapasitas jaringan jelas ada, karena ke depan jumlah pelanggan sudah pasti terus meningkat," katanya.

Ditemui di sela-sela acara "Telkomsel Blackberry Community Gathering & Exhibition 2011", Gilang mengemukakan jumlah pelanggan Blackberry Telkomsel saat ini telah mencapai 960.000 di seluruh Indonesia.

Angka itu meningkat hampir 300 persen dibanding awal tahun 2010 yang baru berjumlah sekitar 260.000 pelanggan. Dari total pelanggan saat ini, area Jawa Bali memberikan kontribusi sekitar 17-18 Persen.

"Tahun ini, kami menargetkan pertumbuhan pelanggan Blackberry di area Jawa Bali bisa mencapai sekitar 30 persen," tambah Gilang.

Untuk mendongkrak pelanggan baru, lanjut Gilang, pihaknya sudah menyiapkan beberapa agenda promo dan layanan, salah satunya menggandeng sejumlah kalangan komunitas yang ada di masyarakat.

Terkait acara Telkomsel Blackberry Community, General Manager Community Management & New Segment Telkomsel, Yunita Prismatuti, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud apresiasi terhadap pelanggan, khususnya komunitas Blackberry Telkomsel yang selama dinilai sangat loyal.

"Hingga saat ini, komunitas ini telah memiliki lebih dari 12.000 anggota, belum termasuk anggota komunitas dari milis, facebook dan twitter. Kalau dibanding total pelanggan, memang anggotanya masih terbilang sedikit," katanya.

Komunitas Blackberry Telkomsel pertama kali dibentuk pada 8 Agustus 2008 di Surabaya dan telah beberapa kali menggelar berbagai kegiatan di sejumlah kota.

"Banyak keuntungan yang didapat dari anggota komunitas, di antaranya up date terbaru layanan Blackberry, edukasi, dan silaturahmi. Dampak positifnya, pelanggan juga semakin loyal," tambah Yunita.

Kegiatan selama dua hari (8-9 Januari) di pusat perbelanjaan Galaxi Mall Surabaya itu, diisi sejumlah acara, antara lain talk show, coaching clinic dan penjualan paket bundling Blackberry.(*)
(T.D010/A040/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011