Surabaya (ANTARA News) - Tuan rumah Persebaya meraih kemenangan tipis 2-1 (0-0) atas Bandung FC pada pertandingan perdana Liga Primer Indonesia (LPI) di Stadion Gelora 10 November Tambaksari Surabaya, Jatim, Senin malam.

Dua gol kemenangan tim yang tampil di LPI dengan nama Persebaya 1927 (diambil tahun berdirinya klub) itu, masing-masing dicetak Rendy Irawan pada menit ke-54 dan Andik Vermansah pada menit ke-67.

Sementara gol balasan Bandung FC dilesakkan pemain pengganti Yudho Prasetyo pada menit ke-83.

Kedua tim bermain sangat monoton di babak pertama dan hanya sedikit menciptakan peluang. Bahkan, Persebaya yang didukung sekitar 19.000 suporternya terlihat bermain kurang lepas dan kerja sama antarpemain tidak berjalan sempurna.

"Alhamdulillah pertandingan lancar dan kami bisa menang. Tapi, memang ada kekurangan di lini depan dan saya sudah minta manajemen untuk segera menambah striker," kata pelatih Persebaya, Aji Santoso, setelah pertandingan.

Ia mengakui permainan timnya di babak pertama memang kurang begitu maksimal, namun perubahan yang dilakukan pada babak kedua langsung menuai hasil.

Gol pertama Persebaya berawal dari aksi individu Andik Vermansah yang menusuk cepat dari sisi kiri pertahanan Bandung FC, kemudian menyodorkan umpan ke arah Rendy Irawan yang diselesaikan menjadi gol.

Andik Vermansah kembali beraksi pada menit ke-67, ketika memanfaatkan bola liar di depan gawang Kurnia Sandy dan mengecoh mantan kiper timnas itu untuk menggandakan keunggulan Persebaya.

Bandung FC berusaha keluar dari tekanan untuk mengejar ketinggalan. Sejumlah peluang dimiliki Perry Somah dan Arman, tetapi belum berbuah gol.

Pemain pengganti Yudho Prasetyo membuka harapan Bandung FC, ketika sundulannya memanfaatkan tendangan bebas Kim Sang Duk menjebol gawang Endra Prasetya pada tujuh menit menjelang laga usai.

Upaya menyamakan skor terus dilakukan Bandung FC dengan menekan pertahanan tuan rumah, tetapi hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada tambahan gol.

"Sejak awal kami sudah menyadari akan sulit mengalahkan Persebaya di kandangnya, tapi saya tidak terlalu kecewa karena anak-anak sudah memberikan perlawanan maksimal," kata pelatih Bandung FC, Nandar Iskandar.

Susunan pemain:


- Persebaya: Endra Prasetya (pg), Johan Ibo, Otavio Dutra, Mat Halil/Khusnul Yuli, Erol FX Iba, Rendy Irawan, Taufiq, John Tarkpor, Arif Ariyanto/Arif Ariyanto, Andik Vermansah, I Made Wirahadi/Miko Ardianto.

- Bandung FC: Kurnia Sandi (pg), Nur Alim, Egi Nirwan/Yudho Prasetyo, Michael Dubuisi, Franky Mananohas, Welem Aufa/Nur Ichsan, Yaris Riyadi, Kim Sang Duk, Agustiono/Jovad Moradi, Perry Somah, Arman.

(D010/E011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011