Denpasar (ANTARA) - Wakil Indonesia Bali United menang adu penalti setelah skor imbang 1-1 menghadapi tim tuan rumah Vietnam Hanoi FC pada laga persahabatan di Stadion Hang Day, Vietnam, Sabtu.

Sejak babak pertama dimulai pukul 13.30 waktu setempat atau 14.30 WITA, kedua tim tampil saling serang di tengah cuaca dingin Hanoi dengan suhu sekitar 13 derajat Celcius.

Pemain muda Bali United Rahmat Arjuna memiliki dua kali peluang gol pada awal babak pertama, namun tidak ada gol yang tercipta karena kedua tembakan mampu diamankan kiper tuan rumah.

Pada menit ke-11, Bali United unggul lebih dulu melalui tendangan datar dan sederhana dari kaki Made Andhika Wijaya.

Memanfaatkan umpan dari Privat Mbarga, pemain nomor punggung 33 itu berhasil melesatkan bola hingga bersarang di gawang yang tak bisa diantisipasi kiper Bui Tan Truong.

Hanoi FC berupaya membalas dengan menekan pertahanan tim tamu dengan julukan Serdadu Tridatu itu.

Tim tuan rumah nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-23, namun bola bisa diantisipasi kiper Bali United Adilson Maringga dan si kulit bundar itu kemudian dibuang menjauh dari gawang oleh sang kapten Ricky Fajrin.

Hingga turun minum, Bali United tetap mempertahankan skor 1-0.

Baca juga: Bali United harus mengakui keunggulan wakil Korsel dengan skor 1-0

Memasuki babak kedua pelatih kepala Bali United Stefano Cugurra menarik kiper Adilson Maringga dan memasukkan Muhammad Ridho.

Skuad Bali terpaksa harus bermain dengan 10 pemain setelah Eber Bessa mendapatkan kartu merah karena dianggap melakukan pelanggaran berat saat berebut bola dengan pemain Hanoi FC Brandon Wilson.

Menyadari personel Bali berkurang, tim tuan rumah kembali melakukan serangan hingga menyamakan kedudukan 1-1 melalui sundulan Denilson Pereira Junior.

Hanoi FC kemudian terus menekan dan terus merangsek hingga dekat gawang Bali United.

Namun pertahanan Serdadu Tridatu masih solid dan hingga babak kedua berakhir, skor tetap imbang.

Kedua tim kemudian dipertemukan dengan skema adu penalti yang berhasil dieksekusi manis dengan skor 5-4 untuk Bali United.

Adapun lima pencetak gol penalti dari Bali yakni Ilija Spasojevic, Ricky Fajrin, Fadil, Haudi, dan Muhammad Rahmat sebagai juru kunci yang menentukan kemenangan.

Sedangkan gol penalti dari tim lawan dicetak oleh Dau Van Toan, Tran Van Thang, Brandon Wilson, Nguyen Van Quyet, dan satu penalti gagal oleh Nguyen Duc Anh.

Dengan kemenangan itu, Bali United bertengger di posisi ketiga pada ajang piala internasional Hana Bank-BIDV Cup 2024, 23-27 Januari.

Baca juga: Bali United nilai turnamen di Vietnam perkuat tim di Liga 1
Baca juga: Persik Kediri berambisi bertahan di posisi papan atas Liga 1 Indonesia


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024