Kerja sama dua institusi ini meliputi kegiatan pendidikan dan pelatihan, pertukaran tenaga ahli, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, serta tukar menukar informasi
Jakarta (ANTARA) - Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) menjalin kerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menjaga kinerja perekonomian.

Kerja sama dua institusi ini meliputi kegiatan pendidikan dan pelatihan, pertukaran tenaga ahli, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, serta tukar menukar informasi.

Ketua Umum PP Japnas Bayu Priawan Djokosoetono dalam pernyataan di Jakarta, Jumat, mengatakan komitmen ini juga bertujuan untuk memperkuat daya tahan perekonomian dari dampak pandemi COVID-19.

"Pengusaha harus memiliki semangat nasionalisme. Kondisi pandemi menuntut peran serta pengusaha semakin besar, meskipun di lain sisi pengusaha juga harus mampu bertahan dari dampak pandemi," katanya.

Ia menjelaskan Japnas merupakan bagian kecil kelompok pengusaha yang memiliki tanggung jawab dalam membangun perekonomian masyarakat dan pemulihan ekonomi di saat pandemi.

Oleh karena itu, melalui penandatanganan ini, Japnas berharap mampu menciptakan pengusaha tangguh yang memiliki semangat pengabdian dan nasionalisme.

"Lemhannas merupakan lembaga pengaderan pemimpin nasional, termasuk bagi pengusaha nasional. Oleh karenanya, sinergi program dan transfer informasi sangat dibutuhkan untuk memahami perekonomian ke depan," kata Bayu.

Ketua Harian PP Japnas Widiyanto Saputro juga mengungkapkan bahwa banyak hal yang dapat disinergikan antara dua institusi untuk mendorong kinerja pembangunan nasional dalam kondisi saat pandemi.

"Pendidikan, pelatihan, program, dan networking yang dimiliki Lemhannas sangat penting untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pengusaha di Indonesia," katanya.

Melalui kerja sama ini, Gubernur Lemhannas Agus Widjojo mengharapkan semakin banyak pengusaha yang memiliki jiwa nasionalisme dan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat.

Agus juga menyampaikan bahwa Lemhannas membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk para pengusaha, agar kondisi bangsa ini dapat makin baik ke depannya.

"Kami memiliki tenaga ahli, instrumen pendidikan, serta informasi yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lebih maju. Kerja sama dengan pengusaha sangatlah penting, karena mereka ini adalah pemimpin di lingkup unit kerjanya, penanggung jawab di lingkungan perusahaannya," ujarnya.

Baca juga: Japnas Aceh: Pengusaha dituntut cerdas dan kreatif pada masa pandemi
Baca juga: Japnas siap jadi penarik investasi ke tanah air
Baca juga: Japnas Business Matching hasilkan kesepakatan bisnis Rp152 miliar

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021