Oleh karena itu, sinergi antara pengusaha satu dengan yang lain harus berjalan bersamaan.
Medan (ANTARA) - Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Sumatera Utara (Sumut) terus mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) Sumut untuk bersaing di pasar internasional.

Ketua Umum Japnas Sumut Syahrul Akbar, di Medan, Jumat, dalam Rapat Koordinasi Wilayah I Japnas Sumut di Medan, mengatakan dengan adanya komitmen bersama yang dilakukan, maka pengusaha yang kreatif dan mempunyai terobosan dalam meningkatkan UMKM bisa bersaing di pasar internasional.

"Pengusaha yang kreatif dan mempunyai terobosan dalam meningkatkan UMKM bisa bersaing di pasar internasional dan peluang, hal itu yang harus diraih," ujarnya.

Syarul menilai Sumut merupakan salah satu pintu masuk dari negara ASEAN, maka harus menunjukkan kinerja yang bisa bersinergi dengan pemerintah dan pihak luar negeri.

"Oleh karena itu, sinergi antara pengusaha satu dengan yang lain harus berjalan bersamaan," katanya lagi.

Ketua Kadin Sumut Firsal Mutyara mengaku bangga melihat semangat pengusaha muda yang bergabung di Japnas Sumut.

Firsal mengatakan pihaknya akan mendorong wirausaha yang ada di Sumut untuk mempunyai daya saing baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Dari pengurus Japnas itu sendiri ada yang bergabung di Kadin Sumut. Karena itu, pentingnya sinergi dengan pemerintah untuk mendorong dan memajukan UMKM di Sumut khusunya Kota Medan," ujarnya pula.
Baca juga: Japnas Sumut ingatkan pentingnya usaha kondusif pascaPemilu 2019
Baca juga: Sandiaga Uno minta generasi muda tingkatkan kreativitas

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023