Manado (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie langsung meminta maaf kepada masyarakat Manado, seiring dengan kemacetan panjang berkaitan perayaan Natal nasional Partai Golkar di daerah itu.

"Saya mohon maaf karena perayaan Natal di Sulut melibatkan banyak orang, sehingga kemacetan terjadi cukup panjang," kata Ical (sapaan akrab Aburizal) saat memberi sambutan Natal nasional di Hotel Sutanraja Kalawat, Minahasa utara, Rabu.

Ical yang baru tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado sekitar pukul 15.00 Wita itu, langsung berangkat ke lokasi perayaan Natal, namun berhadapan dengan kemacetan panjang di jalur Manado-Airmadidi Minahasa Utara.

Apalagi pada perayaan itu, melibatkan sekitar 7.000-an tamu baik dari kalangan DPP Partai Golkar, pengurus tingkat provinsi se Indonesia, serta kader Partai Golkar Sulut hingga ke tingkat kabupaten dan kota.

Sementara pantauan ANTARA di jalur lalu lintas menghubungkan Manado-Minahasa Utara, terjadi kemacetan panjang sejak pukul 14.00-19.00 Wita, atau pada saat perayaan Natal nasional Partai Golkar berlangsung.

Ruas jalan terjadi kemacetan seperti di jalan raya Kalawat, jalan Sudirman Paal2, hingga masuk jalur bebas ring road Manado.

"Ini merupakan macet terlama dan terpanjang yang saya alami. Pemerintah dan kepolisian harus mencarikan solusi atas keberadaan ini," kata Jefry, salah satu supir angkutan Manado-Bitung.

Bahkan sejumlah pejabat di daerah seperti Bupati, Walikota, pengurus Partai Golkar ikut terjebak pada kemacetan itu, sementara polisi yang siaga di lokasi lalu lintas terlihat sangat minim.

"Jalur Manado-Minahasa Utara-Bitung sudah layak dibangun fly over dan jalur bebas hambatan, sehingga tidak terjebak kemacetan seperti ini," ungkap salah satu wartawan lokal, Audi.

Sebelumnya, perayaan Natal nasional Partai Golkar tersebut, dihadiri Wakil Ketua Umum Theo Sambuaga, serta Agung Laksono yang juga Menko Kesra, Akbar Tandjung, serta beberapa pejabat lainnya.

(H013/S019/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011