Jayapura (ANTARA) - Tim Jawa Barat berhasil merebut medali emas eFootball PES 2021 cabang olahraga ekshibisi esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua usai menumbangkan tim Kalimantan Selatan dalam partai grand final, Minggu.
Jawa Barat, yang diwakili oleh Rizky Faidan dan Ferry Purnama Gumilang unggul 2-1 dari Kalsel dalam pertandingan yang digelar di arena Hoki dan Kriket Doyo Baru, Jayapura.

Pada gim pertama, Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Rommy Hadiwijaya dan M. Riza Alfiqri memainkan FC Bayern Munchen dengan Riza turun pada gim pertama. Sedangkan, Jawa Barat memilih Juventus dengan Ferry bermain pada gim pertama.

Gol dari Riza menjadi pembukan angka 1-0 untuk Kalimantan Selatan. Riza mencetak angka lewat J. Kimmich. Kedudukan tidak berubah hingga gim pertama usai.

Baca juga: Ekshibisi esport PON Papua resmi dibuka bawa potensi ekonomi kreatif

Pada gim kedua, Jawa Barat berhasil mencetak gol pada awal setelah kick-off lewat tendangan Christiano Ronaldo. Beranjak pada paruh waktu kedua, Kalimantan Selatan mampu menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-45.

Skor sama pada akhir gim kedua membawa Jawa Barat dan Kalimantan Selatan pada adu penalti. Jawa Barat memenangi adu penalti 4-2, dan secara otomatis menyamakan skor 1-1 untuk masuk ke gim ketiga.

Gim ketiga dalam permainan 1 vs 1, berlangsung alot. Jawa Barat yang diwakili Rizky berusaha memberikan tekanan dengan melakukan dua tembakan yang masih dapat ditahan oleh Rommy dari Kalimantan Selatan.

Memasuki babak kedua gim ketiga, Jawa Barat berhasil menembus pertahanan Kalimantan Selatan membuahkan angka 1-0. Skor bertahan hingga gim ketiga usai.

Partai puncak grand final eFootball PES 2021 PON Papua dimenangi Jawa Barat dengan skor akhir 2-1, sekaligus membawa pulang medali emas.

Baca juga: DKI Jakarta sabet emas PUBG Mobile ekshibisi esport PON Papua

Sementara itu, Kalimantan Selatan telah melalui perjalanan panjang untuk masuk ke babak Grand Final. Provinsi tersebut sempat harus tertekuk di tangan Jawa Barat dalam pertandingan semifinal esport, Rabu.

Kalah dari Jawa Barat, Kalimantan Selatan berhadapan dengan Gorontalo yang berada di lower bracket untuk memperebutkan slot Grand Final.

Kalimantan Selatan berhasil melibas Gorontalo dengan skor akhir 2-0 dan menyisakan medali perunggu bagi Tim Bumi Maleo.

Dengan demikian, Kalimantan Selatan menjadi pemenang medali perak pada eFootball PES 2021 ekshibisi esport PON Papua.

Baca juga: Kalimantan Barat kemas emas Mobile Legends eksibisi esport PON Papua

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021