Artikel

Enam destinasi wisata di Singapura rekomendasi Marissa Nasution

Oleh Livia Kristianti

Enam destinasi wisata di Singapura rekomendasi Marissa Nasution

Marissa Nasution berlibur bersama keluarganya di Singapura. (ANTARA/HO/STB)

Jakarta (ANTARA) - Negara tetangga Singapura menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri yang tentunya dirindukan di tengah pandemi. Selama pandemi COVID-19 hampir seluruh negara menghentikan penerimaan wisatawan mancanegara demi untuk memulihkan dan menangani pandemi COVID-19 dengan maksimal.

Perlahan namun pasti saat ini Negeri Singa itu pun mulai membuka kembali perbatasan dan tengah bersiap mendorong kegiatan wisata ketika pandemi sudah bisa dikontrol dengan baik.

Untuk anda yang rindu dan sedang menantikan waktu ketika Anda dapat kembali ke Singapura, mari mengenang atau menyimpan rekomendasi tempat wisata di Singapura dari Marissa Nasution agar nantinya rasa rindu dan petualangan anda bisa lebih menyenangkan.

Berikut enam tempat destinasi wisata di Singapura yang menarik untuk dikunjungi, yang juga direkomensasikan oleh aktris asal Indonesia Marissa Nasution, sebagaimana disampaikan oleh Singapore Tourism Board, Senin.

Baca juga: 7 sentra kuliner di Singapura, favorit artis hingga diakui Michelin

Gardens by the Bay

Ingin playdate bersama si kecil? Marissa punya jawabannya. Gardens by the Bay akan menjadi tempat yang menarik bagi Anda untuk menemani si kecil bermain. Taman seluas lebih dari 100 hektar agaknya terlalu sayang untuk anda lewatkan jika berkunjung ke Singapura.

Begitu masuk ke dalam Gardens by the Bay, anda akan langsung disuguhkan pemandangan asri yang dipenuhi bunga-bunga cantik.

Flower Dome yang menyegarkan mata ini, hanya merupakan pembuka. Wahana taman air dijamin akan membuat si kecil kegirangan, karena bisa berlari-lari sambil bermain air.

Masih di area Children’s Garden, ada area bermain tersembunyi yang masih bisa dijelajahi. Setelah selesai berkeliling, anda pun bisa duduk dan menikmati secangkir teh dan menikmati suguhan berbagai kudapan khas Singapura di Café Aster.

Kranji Countryside
Kegiatan di Kranji Country Side. (ANTARA/HO/STB)

Singapura memang dikenal sebagai negara tujuan wisata yang modern. Namun, bukan berarti Singapura tidak memiliki tempat wisata bernuansa alam.

Salah satu tempat favorit Marissa dan Allie, putri sulungnya, adalah Kranji Countryside. Terletak di bagian barat Singapura, Kranji Countryside jauh dari hiruk-pikuk modern Singapura, sehingga Anda akan dapat menikmati suasana pertanian dan perkebunan yang masih asri.

Mengusung konsep "sustainable eco-friendly" atau keberlanjutan yang ramah lingkungan, tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata bersama keluarga, terutama anak-anak. Ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi, yang pertama adalah Bollywood Veggies.

Baca juga: Mengenal Dempsey, area dengan sport & wellness tourism di Singapura

Didirikan sejak 20 tahun yang lalu, Bollywood Veggies menempati lahan seluas hingga 10 hektar. Anda akan menemukan lahan pertanian, penampakan hutan hijau, dan berbagai macam vegetasi di "food forest". Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner di restoran Poison Ivy, yang memiliki konsep "farm to table". Jadi sajian makanan di sini dijamin segar dengan rasa yang enak.

Ada juga Hay Dairies dan Live Turtle and Tortoise Museum yang cocok sebagai tempat wisata dan edukasi si kecil. Hay Dairies merupakan satu-satunya peternakan kambing di Singapura dan sudah beroperasi sejak 1988.

Di peternakan yang tertata rapi dan bersih ini, anda dapat mencoba susu kambing segar yang baru diperah. Sementara, bagi Anda yang hobi melihat hewan eksotis, Live Turtle and Tortoise Museum memungkinkan Anda dan keluarga berinteraksi langsung dengan berbagai macam jenis kura-kura dan penyu yang koleksinya ada lebih dari 600 kura- kura dan penyu.

Sentosa Island

Pemandangan biota laut di dalam akuarium jumbo selalu menjadi pertunjukan menarik, tidak hanya bagi anak-anak, namun juga orang dewasa. S.E.A Aquarium yang terletak di Sentosa Island merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia. Ada lebih dari 1.000 spesies hewan laut, mulai dari hiu hingga pari manta, yang dilestarikan di sini. Di Open Ocean Habitat, pemandangan seluruh hewan laut yang berkumpul dan terlihat secara dekat akan memanjakan mata pengunjung.

Bila sudah selesai jalan-jalan di akuarium dan ingin beristirahat di salah satu penginapan di Sentosa Island, The Barracks Hotel Sentosa menjadi pilihan bagi Marissa dan keluarga untuk beristirahat dan melepas lelah, sebelum kembali menikmati keindahan Sentosa Island.

Baca juga: Tempat jajan dan belajar sejarah di Singapura

Jangan lupa juga ajak anak-anak untuk bermain di Nestopia, taman bermain dan ruang bermain outdoor dengan dua seluncuran terpanjang di Sentosa Island. Anda tidak perlu takut, karena ada banyak staf yang membantu anak-anak untuk memanjat dan menjelajah. Dan tentunya, ketika sampai di puncak seluncuran anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan.

Sentosa Island juga terkenal dengan tiga pantainya, yaitu Siloso, Palawan, dan Tanjong. Tapi ingat, setiap pantai memiliki pintu masuk dan manajemen pemeriksaan keamanannya masing-masing. anda bebas memilih pantai menurut anda paling nyaman. Menurut Marissa, ketiga pantai ini adalah pelarian yang sempurna dari hiruk pikuk kehidupan.

Tiong Bahru
​​​​​​​
Kegiatan di Tiong Baharu. (ANTARA/HO/STB)


Bagi Anda yang ingin berburu bahan masakan hingga tanaman dan pernak-pernik lain, Marissa merekomendasikan Tiong Bahru Market sebagai tujuan.

Tiong Bahru, sejatinya merupakan kawasan perumahan tertua di Singapura yang berdiri sejak 1920-an. Kawasan ini kemudian disulap menjadi surga belanja bahan makanan dan berbagai kuliner khas Singapura dan Asia Tenggara, mulai dari yang tradisional hingga yang modern.

Tidak salah kalau Marissa memasukkan Tiong Bahru ke dalam bucket list hidden gem Singapura.

Baca juga: Berpetualangan di sungai alami dan memancing di Choa Chu Kang

Jewel Changi Airport
​​​​​​
​​
Selain fasilitas belanja yang memudahkan para pengunjung bandara, Changi Airport juga memiliki sebuah destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan, yakni Jewel.

Di dalamnya, Anda akan menemukan HSBC Rain Vortex yang merupakan air terjun dalam ruangan terbesar di dunia dengan ketinggian 40 meter.

Dikelilingi oleh kubah kaca ikonik, anda dapat melihat hamparan tanaman hijau yang membuat Anda seperti berada di hutan hujan. Canopy Park dan Hedge Maze menjadi wahana menarik yang juga patut anda coba.

Beranjak ke rooftop, anda akan sampai ke wahana terfavorit di Jewel, yakni Manulife Sky Nets Bouncing. Namun untuk yang takut ketinggian, tidak disarankan mencoba wahana ini karena anda akan disuguhkan pemandangan 25 meter ke bawah yang bisa dilihat melalui jaring yang menjadi tempat anda menapakkan kaki. Selain wahana, Jewel juga memiliki 280 restoran dan toko-toko ikonik.

Joo Chiat/Katong
​​​​​​​
Suasana di Katong. (ANTARA/HO/STB)


Belum familiar dengan wilayah di bagian Timur Singapura? Marissa memiliki beberapa tujuan seru yang bisa Anda jelajahi di sini. Lokasi ini dipenuhi dinding mural yang "Instragammable". Sangat cocok untuk anda yang hobi berswafoto maupun yang ingin berburu foto-foto estetik.

Joo Chiat/Katong ini sejatinya merupakan wilayah yang kental dengan budaya peranakan. Anda dapat dengan mudah menemui berbagai macam kuliner hingga aksesoris yang menggambarkan budaya peranakan, salah satunya adalah Rumah Bebe.

Baca juga: Berburu restoran "award-winning" di Singapura? Simak daftar berikut

Tidak hanya melihat kebaya Nyonya cantik, anda juga bisa belajar cara membuat berbagai macam pernak-pernik manik-manik hingga sepatu dan tas tradisional ala Peranakan di destinasi ini.

Menjelajah bagian Timur Singapura tidak lengkap apabila Anda tidak berburu makanan. Marissa mengajak Anda untuk food walking tour dan menjelajahi kuliner yang ada di setiap sudut jalan.

Mulai dari Geylang Serai Market yang terkenal dengan jajanan pasarnya dan tentunya serba halal, hingga salah satu restoran Laksa terbaik di Singapura, yakni 328 Katong Laksa. Selain itu, masih ada gedung yang menjadi ikon Katong, yang saat ini menjadi salah satu toko roti ternama, yakni Katong Bakery.

"Singapore Bucket List" ala Marissa Nasution ini dapat menjadi referensi Anda apabila Anda berencana untuk kembali mengunjungi Singapura kelak, saat kondisi pandemi COVID-19 di dalam negeri sudah membaik.

Singapore Tourism Board (STB) pada 2019 mencatat ada sebanyak 3,11 juta wisatawan Indonesia berkunjung ke Singapura. Kondisi itu pun sangat dinantikan oleh Pemerintah Singapura.

Pemerintah Singapura pun terus berupaya untuk menginovasi dan mempersiapkan fasilitas wisata yang aman untuk dikunjungi yang sesuai dengan standar kesehatan maupun pariwisata agar kunjungan wisata dari luar negeri bisa kembali dilakukan.

Baca juga: 8 kegiatan ramah muslim di "Chinatown" Singapura

Baca juga: Tempat menyegarkan fisik dan mental yang ditawarkan di Singapura

Oleh Livia Kristianti
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar