PON Papua

Sepak bola putra Papua awali PON dengan tuntaskan revans atas Jabar

Sepak bola putra Papua awali PON dengan tuntaskan revans atas Jabar

Pesepak bola Papua M Arody Uopdana meluapkan kegembiraanya usai mencetak gol ke gawang Jawa Barat saat pertandingan penyisihan sepak bola putra PON Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Senin (27/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola putra Papua mengawali penampilan mereka pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan menuntaskan revans atas Jawa Barat seusai membukukan kemenangan 5-1 di laga pertama penyisihan Grup A di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Senin.

Sepak bola putra merupakan salah satu cabang olahraga PON Papua, yang dimainkan lebih awal sebelum upacara pembukaan pesta olahraga empat tahunan yang akan digelar pada Sabtu akhir pekan ini.

Dua anak asuh Eduard Ivakdalam yakni M. Arody Uopdana dan kapten Ricky Ricardo CGT Cawor sama-sama mengemas dua gol untuk kemenangan yang juga dihiasi gol indah yang dicetak Samuel Gideon Balinsa.

Baca juga: "Big match" Jabar vs Papua di hari pertama cabang sepak bola

Sementara Jabar hanya memperoleh satu gol hiburan yang dicetak Muchammad Wildan Ramdhani Nugraha, menodai status mereka sebagai juara bertahan sepak bola putra PON dan kini terpuruk di dasar klasemen Grup A dengan catatan nirpoin dan selisih gol defisit empat.

Kemenangan membawa Papua memimpin klasemen sementara Grup A dengan raihan tiga poin dan selisih gol yang superior yakni surplus empat.

Papua, yang kalah dalam pertemuan terakhir kedua tim pada semifinal PON 2016, tampil agresif sejak sepak mula menggempur pertahanan Jabar dengan memanfaatkan lebar lapangan.

Setelah beberapa percobaan berhasil dipatahkan barisan pertahanan Jabar, Papua akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit kedelapan melalui Arody yang berdiri bebas tanpa kawalan untuk menanduk umpan silang kiriman Alpons Migau.

Jabar kesulitan mengembangkan permainan mereka tetapi sempat memperoleh situasi tendangan bebas di sisi sayap kanan pada menit ke-23 dan umpan silang tajam yang dilepaskan Ahmad Faisal cukup memaksa kiper Adzib Al Hakim Arsyad meninju bola.

Delapan menit berselang giliran kiper Ade Candra Sena yang dibuat sibuk untuk menepis bola eksekusi tendangan bebas Samuel Giedon Balinsa yang menukik tajam ke atas mistar gawang.

Baca juga: Tim Sepak bola Sumut uji coba Lapangan Stadion Mahacandra Jayapura

Papua yang terus tampil percaya diri seharusnya bisa menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-40 saat Ricky Ricardo CGT Cawor menerima umpan di tengah kotak penalti dari Yeter Amohoso, tapi tembakan penyelesaiannya melenceng dari sasaran.

Namun, dua menit berselang, sang kapten segera membayar lunas kegagalannya itu dengan kecermatannya mengecoh Ahmad Faisal demi mengirim umpan tarik matang yang tinggal diselesaikan oleh Arody demi membuat Papu unggul 2-0 hingga turun minum.

Tertinggal dua gol pelatih kepala Jabar Yudhiantara melakukan pergantian pemain ganda saat turun minum, memasukkan Ilham Mahfudzillah dan Rizki Arohma masing-masing untuk Hasan Baharudin Al Farizi serta Muhammad Rizqi Darmaparayana.

Sayangnya langkah itu tak langsung memberi perubahan kepada permainan Jabar. Malahan, Papua berhasil memperlebar keunggulan mereka saat babak kedua baru berusia enam menit melalui gol indah kreasi Samuel Gideon Balinsa.

Menerima bola liar di dekat area busur kotak penalti, Samuel melewati sedikitnya tiga pemain Jabar sebelum melepaskan tendangan yang menaklukkan Ade Candra Sena.

Gol itu rupanya membuat lini pertahanan Papua sempat terlena dan Jabar memberi jawaban instan lewat Muchammad Wildan demi memangkas jarak ketertinggalan 1-3 pada menit ke-53.

Baca juga: Tim Sepak bola Jabar boyong 20 pemain ke Papua

Sayangnya momentum kebangkitan Jabar tak berlanjut dan Papua segera menemukan konsentrasi mereka kali ini saat Ricky Ricardo akhirnya menyarangkan bola ke gawang tim tamu pada menit ke-57, tetapi gol itu segera dianulir karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside.

Namun, semenit kemudian sang kapten Papua akhirnya betul-betul mencatatkan namanya di daftar pencetak gol dengan sundulan melambung yang tak terjangkau upaya penyelamatan Ade Candra di area tiang jauh.

Empat menit jelang bubaran waktu normal, Ricky Ricardo melengkapi kemenangan Papua jadi 5-1, sebagai bekal positif menjelang menghadapi Maluku Utara dalam pertandingan selanjutnya pada Jumat di Stadion Mandala.

Sehari sebelumnya, di tempat yang sama Jabar bakal memburu cara untuk menjaga peluang lolos ke babak enam besar nanti saat menghadapi Nusa Tenggara Timur.

Dalam pertandingan lain yang juga berlangsung bersamaan pada Senin di Stadion Mahacandra, Jayapura, Jawa Timur membuka penyisihan Grup B dengan kemenangan telak 3-0 atas Sulawesi Selatan.

Baca juga: Tim sepak bola Jabar percaya diri usai jalani aklimatisasi jelang PON

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dampak ekonomi PON & Peparnas capai Rp1,6 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar