Aplikasi gratis Google Translate mobile membutuhkan fitur baru "conversation mode
London (ANTARA News) - Anda ingin berbicara dengan seseorang yang hanya bisa berbahasa Spanyol, namun anda tidak menguasai bahasa itu?

Anda tidak perlu khawatir karena pembaruan pada aplikasi Google Translate untuk Android sekarang memungkinkan para pengguna untuk menerjemahkan pembicaraan dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Telegraph melaporkan pada Rabu (12/1) bahwa Google meluncurkan aplikasi yang memungkinkan ponsel menerjemahkan pembicaraan secara instan. Pengguna yang berbicara menggunakan ponsel bersistem operasi Android, akan mendengar kata-katanya diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Sementara kata-kata dari lawan bicara anda, selanjutnya akan diterjemahkan ke dalam bahasa anda.

Meskipun pengguna harus menekan "submit" diantara setiap pernyataan, Chief Executive Eric Schmidt mengharapkan layanan itu sudah bisa bekerja secara real time dalam 18 bulan kedepan.

Aplikasi gratis Google Translate mobile membutuhkan fitur baru "conversation mode." Fitur itu bekerja dengan merekam pembicaraan pengguna dan kemudian mengirimkannya ke server Google.

Mereka mengenali, mengubahnya menjadi teks, menerjemahkannya, dan kemudian mengirim kembali audio dalam bahasa baru ke telepon. Google menerjemahkan teks dengan menggunakan indeks yang diverifikasi penerjemahan resmi, sering digunakan oleh Uni Eropa dan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Dalam cara ini, penanganan penerjemahan seperti sebuah pencarian, mirip dengan memilah pencarian yang digunakan pengguna web setiap hari.

Layanan itu akan dilucuncurkan dalam versi "alpha" yang hanya akan bekerja dalam bahasa Spanyol dan Inggris, tetapi Google mengharapkan dapat meluncurkan untuk bahasa lain pada masa yang akan datang.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011