Jakarta (ANTARA News) - Seorang warga negara Amerika berinisial JA diduga terlibat kasus pemalsuan paspor yang digunakan Gayus HP Tambunan plesiran ke luar negeri, dan saat ini Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri telah mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk menangkapnya.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Ito Sumardi saat dikonfirmasi di Jakarta Jumat tidak membantah informasi tersebut.

"Ya sudah tahu berartikan," kata Ito

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan bahwa JA diduga otak intelektual pembuat paspor yang digunakan Gayus.

Saat ini Polri sudah mengamankan seorang tersangka berinisial AN dan seorang ditangkap masih dilakukan pemeriksaan yang berinisial J.

Gayus menggunakan paspor atas nama Sony Laksono dengan foto wajah Gayus, yang digunakan ke Singapura, Kuala Lumpur, Makau dan Hongkong.

Paspor itu digunakan oleh Gayus, ketika pergi ke Macau pada 24 September 2010 dengan menggunakan maskapai penerbangan Mandala.

Gayus memperoleh paspor atas nama Sony Laksono dari sindikat tersebut dengan membayar sebesar US$ 100.000.(*)

Editor: Heru Purwanto
Copyright © ANTARA 2011