Makassar (ANTARA News) - Pusat perbelanjaan moderen di Makassar mulai memperkenalkan dan menampilkan pementasan seni pertunjukan tradisional di pelataran mall setiap akhir pekan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid saat menghadiri pembukaan pementasan seni tradisional di Mall GTC Makassar, Sabtu, memberikan apresiasi terhadap inisiatif pengelola mall yang memperkenalkan seni tradisional daerah.

"Ini sebuah terobosan yang sangat menarik dari pihak mall GTC. Paling tidak mereka memberikan kesempatan kepada masyarakat mengenal pementasan seni di pusat perbelanjaan moderen," ungkap dia.

Dia mengaku, pihaknya akan memberikan fasilitasi kepada pihak mall jika ingin menyuguhkan seni pertunjukan tradisional karena ini penting untuk mengangkat budaya dan adat istiadat daerah ini.

Apalagi, lanjut dia tahun kunjungan wisatawan yang telah dimulai awal tahun ini membutuhkan keterlibatan dan dukungan stakeholder termasuk pengusaha mall untuk menyukseskan program Visit Makassar Year 2011.

Marketing dan Promotion Manager Mall GTC Makassar, A. Widya Syadzwina dalam kesempatan itu menjelaskan, pihaknya telah menyusun sejumlah program kegiatan untuk memperkenalkan beragam atraksi maupun seni tradisional daerah.

Pagelaran seni dalam rangka menyambut Visit Makassar Year 2011, dia mengaku telah menampilkan berbagai tarian daerah, musik toriolo, teater musik, tarian kontemporer, hingga pementasan teater cerita rakyat.

"Pegelaran seni tradisional ini kami anggap sebagai even yang pertama kali diselenggarakan dalam pementasan di pusat perbelanjaan moderen di Makassar," ucap dia.

Berbagai komunitas dari kelompok-kelompok budaya di berbagai kampus di Makassar, lanjut dia terlibat dalam seni pertunjukan ini.

Bahkan, pihaknya akan bekerjasama dengan komunitas jurnalis yang tergabung dalam Lingkar Penulis Pariwisata (LPP) Makassar yang akan membantu publikasi dan promosi setiap penyelenggaraan even di Mall GTC Makassar.(*)

KR-HK/S006

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011