PON Papua

Panglima TNI dan Kapolri tinjau pengamanan PON XX jelang pembukaan

Panglima TNI dan Kapolri tinjau pengamanan PON XX jelang pembukaan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau pengamanan jelang pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). ANTARA/HO-Puspen TNI.

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua menjelang pembukaan pada 2 Oktober 2021.

“Saya dengan Bapak Kapolri menyaksikan acara gladi pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX. Urutan acara semuanya telah disiapkan panitia dan Pemerintah Provinsi Papua dengan baik, termasuk urutan pembukaan pada 2 Oktober nanti,” kata Panglima TNI usai menyaksikan gladi pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Selasa.

Panglima menyampaikan pihaknya memastikan PON XX akan berjalan aman karena berbagai simulasi telah dilakukan para prajurit yang berjaga.

Baca juga: Mendagri terbitkan instruksi wajib prokes demi sukseskan PON XX

“Semuanya sudah disimulasikan,” tegas Panglima TNI sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Dalam kunjungan itu, Panglima dan Kapolri memeriksa kesiapsiagaan para prajurit dan polisi yang bertugas menjaga keamanan dan memelihara ketertiban selama PON XX berlangsung.

“Kami berharap pelaksanaan kegiatan ini, mulai dari pembukaan dan pertandingan PON XX semuanya diberi kelancaran,” kata Panglima.

Hadi Tjahjanto berharap seluruh pihak yang bertugas, yaitu prajurit TNI, anggota Polri, panitia, dan relawan dapat bekerja sama sehingga berbagai pertandingan di Jayapura, Mimika, dan Merauke dapat berjalan lancar.

Baca juga: Antisipasi gangguan kamtibmas jelang PON XX, Kasatgas patroli udara

Di samping mendukung pengamanan PON, TNI dan Polri akan membantu pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 di Papua karena vaksinasi sampai tahap kedua akan menjadi syarat menonton pertandingan PON XX secara langsung.

PON XX Papua berlangsung di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke pada 2-15 Oktober 2021.

Ada sebanyak 37 cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON XX dan perlombaan diikuti sekitar 10.000 atlet serta staf/ofisiall dari 34 provinsi.

Baca juga: Warga Mimika bangga daerah mereka dipercaya selenggarakan PON XX

Pembukaan PON XX yang akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe pada 2 Oktober 2021 rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Setidaknya ada 9.371 anggota TNI dan Polri yang bertugas mengamankan PON XX di Papua.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bagikan bonus ke atlet PON XX, Gubernur Papua berharap memotivasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar