Melbourne (ANTARA News/AFP) - Juara bertahan Roger Federer dan juara 2008 Novak Djokovic melangkah mudah ke babak kedua turnamen tenis Australia Terbuka, Senin.

Dalam kondisi dingin dan berawan, Federer mengalahkan petenis peringkat 97 dunia asal Slowakia Lukas Lacko 6-1, 6-1, 6-3, sementara Djokovic menundukkan petenis Spanyol Marcel Granollers.

Federer, petenis nomor dua dunia, mencuri poin dari servis Lacko tujuh kali dan melepaskan 37 "winners" untuk menyingkirkan petenis Slowakia itu hanya dalam waktu satu jam 24 menit.

Gelar kelima turnamen itu bagi Federer (29) juga akan menghentikan petenis nomor satu dunia Rafael Nadal dari sapu bersih seluruh empat turnamen Grand Slam dalam lebih dari 40 tahun.

Pada pertandingan berikutnya, Federer akan menghadapi Gilles Simon dari Prancis, saat dia mengincar untuk menjadi petenis kedua setelah petenis Australia Roy Emerson, yang merebut lima atau lebih gelar Australia Terbuka.

Sementara itu petenis Serbia Djokovic mengawali turnamennya dengan kemenangan 6-1, 6-3, 6-1 atas Granollers untuk menyelesaikan pertandingan terakhir hari itu dengan cepat satu jam 31 menit.

Sedangkan Nadal, yang sedang berusaha menyatukan seluruh gelar Grand Slam secara beruntun untuk pertamakalinya sejak petenis Australia Rod Laver memenangi seluruh empat turnamen Grand Slam pada 1969, akan menghadapi Marcos Daniel dari Brazil pada pertandingan pertamanya.

Sementara itu petenis nomor satu Amerika Serikat Andy Roddick melaju dengan kemenangan tiga set langsung dan Gael Monfils dari Prancis vbangkit dari ketinggalan dua set untuk mengalahkan petenis Belanda Thiemo De Bakker.

Namun petenis Rusia Nikolay Davydenko, unggulan ke-23 dan perempat finalis tahun lalu, disingkirkan oleh petenis Jerman Florian Mayer 6-3, 4-6, 7-6 (7/4) 6-4.

Petenis AS Sam Querrey, unggulan ke-18, juga harus tersingkir setelah dikalahkan dalam pertandingan lima set oleh petenis Polandia Lukasz Kubot.

Unggulan keenam asal Ceko Tomas Berdych menang tiga set langsung, petenis AS Mardy Fish bangkit dari ketinggalan dua set untuk mengalahkan Victor Hanescu dan petenis Spanyol Fernando Verdasco mengatasi petenis Jerman Rainer Schuettler.

Sementara itu dalam kelompok putri, yang mendapat pukulan dengan mundurnya juara lima kali Serena Williams karena cedera, saudaranya, Venus Williams, mengalahkan petenis Italia Sara Errani 6-3, 6-2.

Unggulan teratas Caroline Wozniacki menang meyakinkan 6-3, 6-4 atas petenis Argentina Gisela Dulko, sementara juara Prancis Terbuka Francesca Schiavone dan juara 2008 Maria Sharapova sempat melewati saat-saat yang tidak membuat nyaman.

Juara tujuh kali turnamen besar Justine Henin, yang sedang memulihkan dari cedera siku, mencatat kemenangan 5-7, 6-3, 6-1 atas petenis India Sania Mirza, yang masuk melalui babak kualifikasi.(I015/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011