Karawang (ANTARA News) - Banjir rob atau air laut pasang menyebabkan ratusan rumah warga di dua dusun di Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terendam pada Selasa.

Selain merendam sejumlah rumah warga Dusun Cemara I dan II Desa Cemarajaya, banjir rob juga mengakibatkan puluhan unit rumah di dua dusun itu rusak akibat rob.

"Warga yang rumahnya terendam dan rusak ialah warga yang tinggal di sepanjang bibir pantai," kata Kepala Desa Cemara Jaya, Yong Lim Supardi, di Karawang.

Dikatakannya, ketika terjadi air laut pasang, pihaknya berusaha mengevakuasi warga pesisir pantai yang sudah lanjut usia dan anak-anak.

Selain itu, petugas dari aparat desa setempat juga berusaha menyelamatkan perabotan rumah tangga warga, untuk menghindari kerugian lebih besar.

"Para warga yang berada di wilayah sepanjang bibir pantai langsung kami evakuasi ke tempat yang lebih aman," kata dia.

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah rumah yang terendam dan rusak, karena belum dilakukan pendataan mengenai hal tersebut.

Pantauan ANTARA, ketinggian air di Desa Cemara Jaya mencapai sekitar 30-40 centimeter. Selain merendam rumah dan merusak rumah milik warga, banjir juga merendam jalan raya sepanjang sekitar 600 meter.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011