Jakarta (ANTARA News) - Komisi X DPR, Rabu, menggelar rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng membahas berbagai persoalan olahraga, termasuk kontroversi Liga Primer Indonesia (LPI).

Agenda utama rapat yang berlangsung di Gedung DPR/MPR itu sebenarnya untuk membahas persiapan pelaksanaan Sea Games 2011 serta PON di Riau pada 2012, namun masalah aktual juga dibahas.

"Masalah sepak bola saya yakini dikemukakan oleh bapak ibu sekalian," kata Andi Mallarangeng mengawali pemaparannya.

Sekarang ada dua kompetisi sepak bola tingkat nasional, yakni kompetisi yang diselenggarakan PSSI dan Liga Primer Indonesia (LPI). Kontroversi dan polemik mengenai kewenangan penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional telah melibatkan FIFA.

Kontroversi dan polemik telah menyebabkan pemain sepak bola yang mengikuti LPI dicoret dari daftar pemain nasional. Klub dan agen yang terlibat dalam LPI juga tertancam dijatuhi sanksi oleh PSSI.

PSSI menyatakan, tindakan itu sesuai peraturan dan perintah FIFA. Namun LPI menolak dianggap melanggar aturan karena sejak awal sudah berkoordinasi dengan PSSIN tetapi PSSI tak menggubris kehadiran LPI.

(S023*A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011