Jakarta (ANTARA News) - Liga Primer Indonesia (LPI) berharap agar Kongres Tahunan PSSI menghasilkan keputusan-keputusan penting demi kemajuan sepak bola nasional termasuk memberikan kesempatan LPI untuk mempresentasikan gagasannya kepada seluruh peserta kongres.

"LPI tidak diundang PSSI untuk datang ke Kongres Bali. Sampai hari Jumat (21/1) ini kami belum menerima undangan kongres yang dimulai hari ini di Bali," Humas LPI Abi Hasantoso di Jakarta, Jumat.

Padahal, menurut dia, pihaknya berharap sekali bisa menyampaikan gagasan LPI sebagai hasil Kongres Sepak bola Nasional (KSN) di Malang tahun lalu kepada seluruh peserta kongres.

"Sehingga kami semua berharap para pengurus PSSI dan klub-klub mengerti apa itu LPI," katanya.

Ia berharap juga agar kongres kali ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Pada klub peserta yang merupakan pemilik suara, ia mengingatkan, klub-klub yang memiliki suara dapat mempertanggung-jawabkan suara yang dimiliki kepada bangsa dan negara, bukan kepada pribadi, keluarga, dan suatu golongan tertentu saja.

Terhadap tiga klub Liga Super yang tak diundang karena bermain di LPI, ia mengatakan PSSI agar tidak diskriminatif kepada Persema Malang, Persibo Bojonegoro, dan PSM Makassar.

Ketiga klub tersebut tersebut tetap menjadi anggota PSSI, sesuai Statuta PSSI, tetap memiliki suara di kongres.

Disinggung pendekatan kepada PSSI soal LPI, ia mengatakan, sejak September 2010 tahun lalu, sebelum LPI dideklarasikan, LPI sudah menjalin komunikasi melalui lobi-lobi kepada petinggi BLI dan PSSI. Dari lobi-lobi tersebut, PSSI tetap tidak mengakui LPI.

Karena sudah dijadwalkan bergulir 8 Januari, menurut dia, akhirnya LPI mengirimkan surat resmi kepada PSSI tertanggal 22 Desember 2010 yang isi utama suratnya LPI "mengajukan bimbingan, bantuan, dan kerjasama dari PSSI yang selayaknya dituangkan di dalam suatu kesepahaman dengan tujuan terselenggaranya kompetisi LPI yang profesional, mandiri, dan menjunjung tinggi fair play".

Sementara itu, Kongres PSSI 21-22 Januari di Bali akan dibuka secara resmi Jumat malam.

Sebelumnya, Sekjen PSSI, Nugraha Besoes mengatakan, jumlah peserta kongres hanya 100 peserta dari 108 pemilik suara yang berasal dari klub mulai Indonesia Super League (ISL) hingga Divisi II serta pengprov PSSI.

"Untuk agendanya tetap sama dengan kongres tahunan sebelumnya, yaitu evaluasi kerja 2010 dan menyusun rencana kerja 2011," katanya.

Khusus untuk kongres akan dilakukan penuh selama satu hari tepatnya tanggal 22 Januari. Pada hari sebelumnya hanya dilakukan pembukaan serta pemaparan dari beberapa bidang di antaranya dari Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI).

Ia juga menuturkan, pihaknya juga mengundang pelatih timnas Alfred Riedl untuk memaparkan hasilnya menangani timnas Merah Putih selama tahun 2010 lalu.

"Pada kongres, juga akan dilakukan pengesahan anggota baru dari Divisi III, skorsing dan pemilihan anggota baru," paparnya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011