New Delhi (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari pertama kunjungan di India disambut dengan upacara kenegaraan oleh Presiden India Shrimati Pratibha Devisingh Patil di Istana Kepresidenan Rashtrapati Bhavan, New Delhi.

Upacara Penyambutan Kenegaraan dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat, Selasa, atau 11.30 WIB.

Presiden yang mengenakan setelan jas dan peci hitam dan dasi biru didampingi Ani Yudhoyono mengenakan kebaya biru. Setibanya di Istana Kepresidenan Rashtrapati Bhavan yang berdinding warna merah bata, Presiden disambut oleh barisan pasukan berkuda pengawal kepresidenan India dan dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diikuti oleh lagu kebangsaan India Jana-Gana-Mana ciptaan sastrawan besar India Rabindranath Tagore kemudian berkumandang setelah Presiden Yudhoyono dan Presiden Patil yang mengenakan sari berwarna hijau berdiri di panggung kehormatan.

Upacara penyambutan kenegaraan diakhiri dengan inspeksi pasukan kehormatan berkeliling lapangan tanah liat oleh Presiden Yudhoyono dan selanjutnya dilakukan perkenalan delegasi Indonesia kepada para pejabat pemerintah India.

Delegasi Indonesia yang mengikuti upacara penyambutan kenegaraan itu adalah Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Mari Pangestu, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Menteri Pendidikan Nasional M nuh, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, serta Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Presiden di Istana Kepresidenan Rashtrapati Bhavan sempat menjawab satu pertanyaan dari media India tentang maksud kunjungannya di India.

Presiden menyampaikan penghargaannya atas undangan sebagai tamu kehormatan pada Hari Republik India 26 Januari 2011 dan berharap kunjungan kenegaraannya dapat menemukan kesempatan kerja sama ekonomi baru.

Usai penyambutan kenegaraan di Istana Kepresidenan Rashtrapati Bhavan, Presiden didampingi Ani Yudhoyono kemudian meletakkan karangan bunga dan mengheningkan cipta sejenak di makam Mahatma Gandhi.

Di kompleks makam yang disebut Rajghat itu, Presiden mengisi buku tamu dan mendapatkan penjelasan singkat tentang moto perjuangan Mahatma Gandhi yang terpajang di dinding.

Setelah disambut secara kenegaraan, Presiden pada Selasa siang menuju Hyderabad House untuk menghadiri pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh. Pada pertemuan itu akan dilakukan penandatanganan 16 nota kesepahaman kerja sama antara Indonesia dan India di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan teknologi.

Kepala Negara juga diagendakan menerima kunjungan kehormatan dari sejumlah pejabat dan tokoh politik di India, yaitu Ketua Partai Oposisi India Sushma Swaraj, Wakil Presiden India Shri M Hamid Ansari, dan Ketua Partai Koalisi India Sonia Gandhi.

Sedangkan pada Selasa malam Presiden akan menghadiri jamuan santap malam kenegaraan di Istana Kepresidenn Rashtrapati Bhavan.

Presiden baru bertindak sebagai tamu utama dan menyaksikan parade Hari Republik India pada Rabu 26 Januari 2011.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011