Surabaya (ANTARA News) - Komandan Satgas Yonif Mekanis Kontingan Garuda (Konga) XXIII-E/UNIFIL (Indobatt atau Indonesia Battalion) Letkol Inf Hendy Antariksa menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-62 Republik India atau "India Republic Day" di Markas Batalyon India UN POSN 4-2 Ebel Essaqi, Lebanon (26/1).

Dalam keterangan kepada ANTARA lewat surat elektronik, Kamis, Letkol Inf Hendy Antariksa melaporkan dirinya yang hadir bersama Perwira Interpreter Mayor Sus Hariyanto itu diterima langsung Komandan Batalyon India Kolonel Rajeev Kapur SM.

Upacara peringatan dipimpin oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigjen Teodoro Banos Alonso, dihadiri perwakilan Duta Besar India untuk Lebanon, Wadan Sektor Timur UNIFIL Kolonel Laut (E) Joko Edy S, para Komandan Satuan di jajaran Sektor Timur dan Sektor Barat, serta tokoh agama/masyarakat setempat.

Acara yang berlangsung sekitar 30 menit itu diawali dengan masuknya pasukan ke lapangan upacara, dilanjutkan dengan pengibaran bendera PBB, bendera Lebanon dan bendera India, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Pemeriksaan pasukan dipimpin Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigjen Teodoro Banos Alonso selaku inspektur upacara didampingi Komandan Batalyon India Kolonel Rajeev Kapur, SM.

Selain upacara, acara juga dimeriahkan dengan defile pasukan dan atraksi drumband Batalyon India.

"Pada 15 Agustus 1947, India menyatakan kemerdekaannya dari Inggris," kata Komandan Batalyon India dalam sambutannya.

Namun, India masih bergabung dalam komunitas negara-negara Commonweath, lalu tiga tahun berikutnya atau tepatnya pada 26 Januari 1950, Konstitusi India memberlakukan sistem pemerintahan demokratis secara Republik dalam arti sebenarnya.

Acara Hari Republik India diakhiri dengan pemotongan kue oleh Komandan Sektor Timur Unifil, Komandan Batalyon India, oleh perwakilan Duta Besar India untuk Lebanon dan ramah tamah.
(E011/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011