Madrid (ANTARA News/AFP) - Pemain penyerang Manchester City Emmanuel Adebayor telah melewati tes medis menjelang dirampungkannya pross kepindahan sebagai pemain pinjaman ke Real Madrid hingga akhir musim ini, demikian pernyataan klub Spanyol tersebut, baru-baru ini.

"Kami menyelesaikan semua tes kami dan dia dalam kondisi kesehatan yang sempurna," ujar ketua pelayanan medis Real Carlos Diez kepada laman klub itu.

"Dia merasa sepertinya dia siap bekerjasama dengan tim itu. Dia memiliki kondisi fisik yang luar biasa dan siap mengikuti pelatihan segera setelah dia bergabung dengan tim itu," katanya.

Pemain internasional Togo berusia 26 tahun tersebut dikontrak untuk menambah kekuatan yang sangat diperlukan setelah penyerang asal Argentina, Gonzalo Higuain, menjalani operasi untuk memperbaiki lempengan pada sendinya yang bergeser ketika cedera awal bulan ini dan diperkirakan harus absen berlaga di lapangan selama empat bulan ke depan.

Pemain internasional Prancis Karim Benzema sudah mengisi kekosongan akibat absennya Higuain itu namun sementara dia hanya mencetak satu gol dalam kemenangan Real hari Minggu lalu atas Real Mallorca dia menjadi kurang meyakinkan, sehingga membuat Real Madrid mengalihkan untuk mencari pemain lain guna mengisi kekosongan itu.

Higuain, yang dikontrak dari River Plate tahun 2007, biasanya bermitra dengan Cristiano Ronaldo di garis depan dan menjadi pilihan pelatih Real Jose Mourinho untuk ditempatkan di depan Benzema.

Adebayor akan siap untuk bermain pada ajang Liga Champions serta La Liga, Liga Utama Spanyol, dan jika masa pinjaman itu berlangsung mulus di Bernabeu, pemain itu bisa dikontrak secara permanen bagi Real.

Pemain Terbaik Afrika tahun 2008 bergabung dengan Manchester City dari Arsenal menjelang awal musim 2009-2010 dengan transfer sebesar 25 juta pound bagi perpindahannya itu.

Adebayor sebelumnya merumput di tim Gunners itu sejak 2006 saat dia dikontrak dari klub Prancis, Monaco.

Ia sudah mencetak 14 gol pada musim pertama di klub itu dan lima gol dalam 12 pertandingan pada musim terakhir ini.  (A016/A008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011