Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto, Jawa Tengah, menduga tabrakan Kereta Api (KA) Mutiara Selatan dengan KA Kutojaya Selatan di Stasiun Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, karena pelanggaran sinyal.

"Berdasarkan fakta di lapangan, diduga telah terjadi pelanggaran sinyal oleh masinis KA Mutiara Selatan, Sugeng K, yang datang dari arah timur," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto, Surono, saat dihubungi dari Purwokerto, Jumat.

Ia mengatakan, masinis KA Mutiara Selatan seharusnya menunggu sinyal dahulu jika hendak menjalankan kereta.

Padahal di jalur tiga (tempat tabrakan, red.), katanya, ada KA Kutojaya Selatan yang berhenti untuk menunggu persilangan tersebut.

Ia mengatakan, tabrakan KA tersebut selain diduga karena faktor kesalahan manusia, kemungkinan juga karena masalah teknis.

"Ini fakta yang terjadi di lapangan. Namun untuk kepastiannya, kami masih menunggu kesimpulan dari tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang melakukan investigasi terhadap kasus ini," katanya.

Terkait evakuasi terhadap dua lokomotif dan satu gerbong KA Kutojaya Selatan yang anjlok akibat tabrakan tersebut, dia mengatakan, hal itu diperkirakan dapat diselesaikan pada Jumat malam.

"Saat ini tim teknis dari Daop V Purwokerto juga memperbaiki rel dan bantalan yang mengalami kerusakan,"katanya.

Tabrakan terjadi saat KA Kutojaya jurusan Bandung-Kutoarjo yang datang dari arah Bandung, berhenti di jalur tiga Stasiun Langensari, Jumat, pukul 02.23 WIB, untuk menunggu persilangan dengan KA Mutiara Selatan jurusan Surabaya-Bandung yang datang dari arah berlawanan.

Akan tetapi, KA Mutiara Selatan yang datang dari arah Surabaya tersebut justru masuk ke jalur tiga sehingga tabrakan pun tidak dapat dihindarkan.

Akibat peristiwa tersebut, tiga orang penumpang meninggal dunia dan puluhan penumpang lainnya terluka baik ringan maupun sedang.

Seluruh korban meninggal dunia dan terluka segera dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Banjar.

Meskipun di wilayah Jawa Barat, Stasiun Langensari termasuk wilayah kerja PT Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto, Jawa Tengah.(*)
(U.KR-SMT/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011