Menpan-RB pantau percepatan vaksinasi COVID-19 di Sulsel

Menpan-RB pantau percepatan vaksinasi COVID-19 di Sulsel

Menpan-RB Tjahjo Kumolo (kanan) berbincang dengan wartawan disela peninjauan percepatan vaksinasi COVID-19 di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/10/2021).

bergerak bersama untuk mempercepat vaksinasi
Makassar (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo terus memantau perkembangan percepatan vaksinasi di sejumlah daerah termasuk Provinsi Sulawesi Selatan.

"Saya sebagai pembantu presiden memang menjadwalkan rutin seminggu dua kali ke daerah salah satunya di Sulsel," ucapnya di sela pemantauan vaksinasi massal COVID-19 di Makassar, Selasa.

Menpan-RB mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tidak hanya dilakukan Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, dan Partai Politik. Bisa juga Organisasi Masyarakat (Ormas), kelompok masyarakat memonitor dan mendorong sambil menanyakan apakah penyaluran vaksinasi dari pusat ke daerah lancar atau tidak.

Bila melihat capaian vaksinasi seperti di Kota Makassar saat ini sudah di atas 60 persen lebih, tapi kota dan daerah lain dari sembilan juta penduduk di Sulsel apakah sudah sama, ini yang mesti dipercepat.

"Inilah sistem yang mesti digerakkan Pemprov Sulsel, mulai mobil vaksin keliling, gerai-gerai, kemudian masuk ke RT/RW, ormas, partai, bergerak bersama untuk mempercepat vaksinasi," ujarnya.

Baca juga: 93,76 persen warga binaan di Sulsel sudah divaksinasi COVID-19
Baca juga: PKK Sulsel siapkan hadiah daerah dengan vaksinasi COVID-19 terbanyak


Politisi asal PDI Perjuangan itu menekankan, vaksinasi adalah kata kunci, apalagi, Sulsel, lebih khusus Makassar adalah daerah perdagangan, pertemuan seluruh orang di wilayah timur Indonesia, masyarakatnya harus sehat, Aparatur Negeri Sipil (ASN) harus sehat agar melayani masyarakat.

"Target utama Pak Jokowi (Presiden) tahun ini memaksimalkan vaksinasi. Saya kira, masyarakat kita cukup disiplin, asal aparatur pemerintahan TNI Polri juga menggerakkan," paparnya.

Ia berharap, vaksinasi di Sulsel bisa terus dipercepat. "Dari Pemprov saya dengar sudah 30 persen vaksin pertama, kedua juga hampir sama. Dari sembilan juta penduduk, minimal enam atau tujuh juta itu sudah divaksin," harapnya.

Baca juga: 2,13 juta warga Sulsel telah divaksinasi COVID-19 dosis satu
Baca juga: Dharma Wanita Kemenpora apresiasi vaksinasi di pesantren Makassar
Baca juga: Presiden dan Ibu Negara tinjau vaksinasi bagi pelajar di Wajo Sulsel

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

RSUD Soedarso Pontianak raih predikat WBK dari Kementerian PANRB

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar