Surabaya (ANTARA News) - Tokoh agama Lebanon Selatan, Syeh Abdullah Dakoor, mengunjungi Markas Satgas Yonif Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/UNIFIL (INDOBATT/Indonesian Battalion) di UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr, Lebanon (28/1).

Komandan Satgas Yonif Mekanis KONGA XXIII-E/UNIFIL Letkol Inf Hendy Antariksa dalam surat elektronik kepada ANTARA dari Lebanon, Sabtu, melaporkan pemuka agama itu disebut sebagai Imam Sunni.

"Mereka datang untuk bersilaturahmi dengan prajurit INDOBATT. Mewakili masyarakat Sunni Lebanon Selatan, mereka mengucapkan selamat datang kepada seluruh prajurit INDOBATT yang bertugas," katanya.

Dalam pertemuan itu, Letkol Inf Hendy Antariksa yang menyambut kedatangan mereka bersama Wadan Letkol Marinir Harnoko beserta para perwira staf itu menegaskan bahwa tokoh agama itu juga menyampaikan kesediaan untuk selalu berkoordinasi dengan INDOBATT di lapangan.

Setelah diperkenalkan dengan para perwira staf INDOBATT, Syeh Abdullah Dakoor pun melakukan perbincangan selama beberapa saat dengan Komandan di ruang rapat batalyon, lalu Shalat Jumat bersama di tempat ibadah Markas Batalyon.

Bertindak selaku khotib, Perwira Interpreter Bahasa Arab INDOBATT Mayor Sus Evi Mukafi, sedangkan Syeh Abdullah Dakoor sebagai Imam.

Setelah pelaksanaan Shalat Jumat usai, Imam Sunni tersebut berbagi pengetahuan agama yang dia miliki dengan seluruh prajurit INDOBATT yang melaksanakan Shalat Jumat pada saat itu.

"Beliau mengharapkan kepada seluruh prajurit Indonesia, selain tugas utama sebagai Peacekeeper, juga bisa menjadi teladan bagi kontingen negara lain dan masyarakat Lebanon pada umumnya," katanya.

Selanjutnya, ia menjamu Imam Sunni dengan makan siang bersama, didampingi Wadan beserta para perwira staf, lalu diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cendera mata.
(E011/P004/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011