Banjar (ANTARA News) - Ketua tim medis ortopedi, dr Guna memprediksi pasein korban patah tulang dan luka serius akibat kecelakaan tabrakan Kereta Api Kutojaya dengan Mutiara Selatan yang dirawat di RSUD Kota Banjar  akan membaik dalam lima hari ke depan.

"Pasien mungkin lima hari ke depan boleh kita pulangkan," kata Guna, dokter ahli bedah tulang yang diperbantukan oleh RSHS Bandung ke  RSUD Kota Banjar, Sabtu.

Ia menjelaskan seluruh pasien yang harus menjalani bedah tulang dan korban yang harus diamputasi jari kakinya akan segera bisa dibawa pulang dalam waktu lima hari ke depan, atau menjalani perawatan jalan.

Bahkan korban yang luka serius, bisa pulang ke rumah lebih cepat dari perkiraan dokter, katanya.

"Kita selama ini tidak ada kendala dalam menangani pasien korban tabrakan, namun ada dua orang yang harus dirujuk ke RSHS Bandung," kata Guna.

Guna memaparkan, dua orang akan ditangani medis bedah tulang di RSUD Banjar Sabtu siang.

Ia mengungkapkan, korban tabrakan yang patah tulang sebanyak 13 orang dan mereka sudah menjalani operasi Jumat malam (28/1).

"Sisa tinggal dua pasein lagi, Sabtu pagi kita sudah lakukan operasi lagi," katanya.

Sementara itu satu bangkai gerbong dan lokomotif Kereta Api Kutojaya dan Mutiara Selatan sudah ditarik  ke stasiun Kota Banjar dan Porwokerto, Sabtu pagi.(*)

KR-FPM/Y003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011