Bengkulu (ANTARA News) - Satu bunga raflesia (Raflesia arnoldi), tengah mekar di kawasan Hutan Lindung Rindu Hati Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.

Menurut warga Desa Tebat Monok, Hendar, bunga mekar tersebut hanya 40 meter dari jalan raya yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Kepahiang.

"Mulai mekar hari ini dan diperkirakan akan mekar sempurna dalam dua hari ini," kata Hendar, Sabtu.

Ia mengatakan, sejak pertama kali ditemukan dalam bentuk calon bunga sebesar bola kaki, puspa langka itu sudah diramaikan pengunjung yang menyaksikan keunikannya.

Untuk menghindari tangan-tangan jahil dan gangguan binatang liar, ia dan keluarga sudah memagari bunga mekar tersebut.

"Kami sudah memagar bunga itu agar aman dari gangguan binatang dan lainnya jadi bisa dinikmati pengunjung,"katanya.

Hendar mengatakan bunga langka yang hampir mekar sempurna itu mulai ramai didatangi pengunjung yang ingin melihat keindahan bunganya.

Sebagian besar pengunjung adalah warga Kota Bengkulu dan sekitarnya, serta pengguna jalan raya Bengkulu-Kepahiang yang menyempatkan diri melihat flora langka itu.

Pengunjung bunga raflesia yang sering mekar di kawasan itu tidak hanya masyarakat lokal tapi juga wisatawan mancanegara.

"Biasanya selalu ada kunjungan dari turis, tapi yang mekar sekarang belum, karena baru mulai mekar hari ini," tambahnya.

Ia mengatakan, selain bunga raflesia, di kawasan itu juga sering ditemui bunga kibut atau bunga bangkai yang lagi mekar.(*)

KR-RNI/D009

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011