Jenewa (ANTARA News/AFP) - Swiss membekukan aset milik Presiden Tunisia terdepak Zine El Abidine Ben Ali dan rombongannya sejumlah dua digit juta franc Swiss, kata kementerian luar negeri, Minggu.

"Kami tidak memberikan angka mendetail, kami berbicara tentang jumlah dalam dua digit juta," kata juru bicara kementerian Georg Farago kepada AFP.

Seorang pejabat mengonfirmasi laporan surat kabar Minggu bahwa dua institusi keuangan atau perantara di Swiss belakangan memberitahu pihak-pihak berwenang sekitar 13 juta franc yang diduga aset terkait Tunisia.

"Itu adalah aset yang telah dilaporkan," kata seorang juru bicara kantor polisi federal, yang menggarisbawahi bahwa mungkin tidak terkait dengan Ben Ali.

Pemerintah Swiss memerintahkan pembekuan tiga tahun atas rekening bank atau aset manapun milik Ben Ali, keluarganya atau rekan-rekannya di Swiss pada 19 Januari, beberapa hari setelah mantan pemimpin itu melarikan diri dari Tunisia menyusul gelombang protes jalanan.

Pemerintah Swiss, Jumat, mengamendemen daftar yang kini berisi sekitar 50 orang terkait, menambah enam dan mengeluarkan seorang yang dimasukkan karena kekeliruan akibat homonim, lapor surat kabar NZZ am Sonntag. (ANT/K004)

Pewarta: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011