New York (ANTARA News) - Dolar Amerika Serikat memperpanjang kenaikannya pada Kamis waktu setempat, karena kekacauan Mesir tidak menunjukkan tanda-tanda berakhir dan bank sentral Eropa menurunkan retorika tentang inflasi zona euro, demikian AFP melaporkan.

Pada 2200 GMT (Jumat 05.00 WIB), euro berada di 1,3630 dolar terhadap 1,3808 dolar pada akhir Rabu.

Dolar juga naik sedikit terhadap mata uang Jepang, diperdagangkan di 81,59 dari 81,54 sehari sebelumnya.

Selain protes kekerasan Mesir, yang telah mendorong beberapa pelarian ke dolar, dorongan utama untuk kelemahan euro dan kekuatan dolar adalah indikasi Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet bahwa bank kurang mengkhawatirkan inflasi daripada sebelumnya -- dan bahwa kenaikan suku bunga akan datang di akhir tahun.

Setelah pertemuan kebijakan ECB, Trichet mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "perkembangan harga akan tetap sejalan dengan stabilitas harga di atas kebijakan yang relevan."

Namun dia menambahkan, pada perekonomian Eropa, bahwa "risiko prospek ekonomi ini masih sedikit condong ke sisi penurunan."

"Pernyataan Trichet memperburuk aksi jual euro semalam," kata Michael Woolfolk dari BNY Mellon.

"Trichet dan dewan gubernur ECB adalah sedikit ke arah kenaikan suku bunga tahun ini, tetapi pada kecepatan yang lebih lambat dari yang diharapkan pasar," katanya.

"Ini adalah kemungkinan bahwa ECB akan mulai memperkenalkan berbagai ekspresi untuk mempersiapkan pasar keuangan untuk kenaikan suku bunga pertama, suatu waktu di semester kedua tahun ini," kata Marie Diron dari konsultan bisnis Ernst & Young.

Sementara itu, sementara juga mengecilkan inflasi, kepala bank sentral AS Ben Bernanke memberi pandangan yang sedikit lebih optimis tentang ekonomi AS, juga membantu greenback.

Berbicara kepada wartawan, Bernanke mengatakan Amerika bisa berharap untuk melihat "sebuah langkah lebih cepat dari pemulihan ekonomi pada tahun 2011 daripada yang kita lihat tahun lalu."

Dolar memperoleh naik sedikit terhadap pound Inggris, yang diperdagangkan di 1,6139 dolar dari 1,6189 dolar.

Sementara itu, dolar dibeli 0,9455 franc Swiss, dibandingkan 0,9397 pada Rabu. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011