Piala Thomas Uber

Indonesia manfaatkan laga lawan Aljazair untuk kenali lapangan

Indonesia manfaatkan laga lawan Aljazair untuk kenali lapangan

Dokumentasi - Lambang supremasi kejuaraan bulutangkis beregu putra, Piala Thomas (kiri) dan lambang supremasi kejuaraan bulutangkis beregu putri Piala Uber (kanan) dipajang saat pengundian untuk menentukan grup tim Thomas-Uber Cup di Jakarta. FOTO ANTARA/Andika Wahyu/ama.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala tunggal putra PP PBSI Hendri Saputra Ho mengatakan laga penyisihan pertama Grup A Piala Thomas dapat dimanfaatkan untuk penyesuaian lapangan bagi para pemainnya.

“Pertandingan melawan pemain-pemain Aljazair itu kami gunakan untuk penyesuaian lapangan agar feel pemain bisa didapat. Selebihnya, pemain bisa mengetahui kondisi lapangan sekaligus mencoba shuttlecock yang dipakai di sini,” kata Hendri dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu dini hari.

Pelatih berusia 40 tahun itu juga menyebut pertandingan tersebut dimanfaatkan untuk lebih memantapkan pola permainan para pemain.

“Lewat pertandingan tersebut, kami berharap agar para pemain bisa belajar untuk menerapkan strategi permainan mereka dengan baik,” ujar Hendri.

Baca juga: Pasangan anyar Leo/Daniel sempurnakan kemenangan Indonesia 5-0

Dalam pertandingan melawan Aljazair di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu dini hari WIB, tiga pemain tunggal putra Indonesia memetik kemenangan sempurna straight game.

Tunggal putra Jonatan Christie membuka kemenangan pertama Skuad Garuda dengan menundukkan Youcef Sabri Medel d21-8, 21-8 dalam waktu 22 menit.

“Bagi saya, pertandingan ini untuk uji coba lapangan, dan juga untuk mencari tahu bagaimana kondisi lapangan, shuttlecock serta arah angin. Shuttlecock di sini juga lebih enak untuk menyerang, dibanding yang dipakai di Finlandia (dalam Piala Sudirman),” ungkap Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie.

Selanjutnya, kemenangan kedua diperoleh tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang mengalahkan Mohamed Abderrahime Belardi 21-6, 21-12 dalam waktu 22 menit.

Baca juga: Ahsan/Hendra bawa Skuad Garuda unggul 4-0 atas Aljazair

“Pertandingan ini saya gunakan untuk ajang pemanasan saja. Di gim pertama memang lebih enak dan bisa unggul jauh. Cuma tadi di gim kedua, saya malah kurang enak mainnya dan banyak memberikan poin buat lawan,” tutur Shesar.

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi pemain ketiga  juga menyumbang angka untuk Skuad Garuda setelah debutan ini bertarung selama 27 menit untuk mengalahkan Adel Hamek dengan 21-11, 21-6.

Dua ganda putra Indonesia juga memetik kemenangan straight game ketika  Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menundukkan Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel dengan  21-9, 21-15 dan pasangan anyar Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menang 21-3, 21-11 atas Mohamed Abderrahime Belardi/Adel Hamek.

Indonesia pun mencatat kemenangan sempurna 5-0 atas tim Aljazair pada penyisihan pertama Grup A Piala Thomas.

Baca juga: Pemain muda Chico Wardoyo bawa Indonesia memimpin 3-0 atas Aljazair

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penghargaan untuk Wahyana, guru di Gunungkidul jadi wasit di Olimpiade Tokyo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar