Mamuju (ANTARA News) - Pemprov Sulawesi Barat, mengusulkan permintaan anggaran ke pusat untuk perbaikan Jalan Martadinata, menuju kawasan perkantoran gubernur sebesar Rp60 miliar.

"Tahun ini kita belum bisa melapisi aspal sepanjang jalan Martadinata menuju perkantoran gubernur Sulbar yang terletak di Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Mamuju, karena dananya sementara diusulkan ke pemerintah pusat atau Kementerian Pekerjaan Umum," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulbar, H.Nasaruddin di Mamuju, Senin.

Menurutnya, usulan permintaan dana ini diharapkan bisa dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Nasional Perubahan (APBN-P) tahun anggaran 2011 sehingga jalan ke kawasan perkantoran ini bisa dilapisi aspal.

"Tahun ini kita baru melakukan pelebaran jalan dan melakukan tahap pengerasan, namun tidak langsung dilapisi aspal karena danya belum ada,"ungkapnya.

Nasaruddin menjelskan, usulan dana ke pusat sebesar Rp60 miliar tersebut dengan panjang sekitar 8 kilometer termasuk memperbaiki jalan menuju pelabuhan Feri dan perbaikan jalan menuju RUmah Sakit Umum Daerah (RSUD) regional.

"Total panjang jalan yang harus diperbaiki ini sekitar 8 kilometer karena harus diperbaiki jalan ke pelabuhan feri yang saat ini kondisinya sudah rusak parah,"papar dia.

Alternatif lain untuk mendapatkan anggaran tersebut kata dia, juga bisa diusulkan melalui Dana Peningkatan Infrastruktur Daerah (DPID) pada Kementerian Pekerjaan Umum.

Untuk itu, kata dia, pemerintah pusat diharapkan bisa memberikan kucuran dana sehingga perbaikan jalan menuju kawasan perkantoran bisa dikerjakan pada kegiatan APBN-P tahun 2011 mendatang.

"Kondisi keuangan daerah tidak mungkin bisa membiayai perbaikan jalan menuju perkantoran pemprov Sulbar. Makanya, kami sangat mengharapkan dukungan serta perhatian pemerintah pusat untuk bisa memenuhi harapan masyarakat yang ada di provinsi terbungsu ini," papar dia.

Dikatakannya, jalan menuju kawasan perkantoran sangat mendesak, karena kondisi jalan jika terjadi hujan pasti becek dan berlumpur sehingga harus dilakukan percepatan pekerjaan jalan ini.

"Kawasan perkantoran ini akan segera ditempati sekitar pertengahan tahun ini dan pasti kendaraan menuju perkantoran itu akan semakin padat,"ucapnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan nasional sepanjang 544 kilometer terbilang rampung berkat dukungan pemerintah pusat. Ini juga terjadi berkat kerja keras gubernur Anwar Adnan Saleh, untuk mendesak dilakukan percepatan pembangunan jalan nasional.

"Jalan nasional yang ada di Sulbar sudah tuntas meskipun ada beberapa titik yang perlu dilakukan perbaikan,"kata dia.  (ACO/Y006/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011