Jayapura (ANTARA) - Medali emas di tiga nomor layar putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua hampir bisa dipastikan pemiliknya setelah perlombaan hari ketiga di perairan Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Senin.

Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kota Jayapura pada Senin siang, memaksa seluruh nomor kategori putri hanya melakukan satu putaran balapan untuk perlombaan hari ketiga.

Atlet layar Kalimantan Timur Nur Fatin Syafika, yang kini berpasangan dengan Dia Tri Utami, hampir pasti mempertahankan medali emas nomor International 420 setelah memantapkan posisi di puncak klasemen.

Satu balapan hari ketiga ini, Nur Fatin Syafika/Dia Tri Utami kembali sukses finis terdepan dan kini mengoleksi nilai bersih 7.0 poin, unggul jauh dari pasangan Jawa Barat Ardiah Sandra Pramesti/Nasywa Selly Pradany (20.0 poin) dan atlet Papua Eno Eni Yos Hanorsian/Nofi Risno (21.0) yang duduk di posisi kedua dan ketiga.

Atlet layar Jawa Timur Hoiriyah hampir bisa dipastikan sukses mempertahankan medali emas nomor RSX 8.5 putri setelah menjaga posisinya di puncak klasemen sementara.

Dalam perlombaan hari ketiga, Hoiriyah kembali mampu finis di urutan terdepan guna memantapkan posisinya di puncak klasemen dengan nilai bersih 6.0 poin.

Hoiriyah unggul cukup jauh dari atlet layar Lampung Syadine Arethusa yang menduduki posisi kedua dengan koleksi 14.0 poin serta Ratiah dari Banten yang memiliki 15.0 poin.

Medali emas dari nomor Techno 293 putri juga hampir pasti menjadi milik atlet layar DKI Jakarta Astari Rahayu Kenes yang melanjutkan dominasinya di puncak klasemen dengan raihan 6.0 poin.

Pesaing terdekat Astari Rahayu adalah atlet Jatim Riska Zulia Ananda dengan 12.0 poin dan Alifah Auralia dari Sulawesi Utara dengan 18.0 poin.

Sementara itu di nomor Optimist putri, atlet Kaltim Sarmila juga menjaga keunggulan yang relatif jauh lewat raihan 13.0 poin di puncak klasemen sementara.

Atlet Papua Emma Ledis Julia Yawan dan wakil Kepulauan Riau Risqa Lestari Putri Lumban Gaol membayangi Sarmila di klasemen, setelah keduanya sama-sama membukukan raihan sementara 17.0 poin.

Keunggulan relatif nyaman juga dimiliki atlet Banten Kirana Wardjojo yang memimpin klasemen sementara nomor Laser Radial putri dengan koleksi 8.0 poin, di atas pelayar DKI Nurul Rahma Iedha (12.0) dan wakil Jawa Barat Fitri Alwiyah (17.0).

Persaingan ketat terjadi di nomor Laser 4.7 putri, di mana atlet Kepri Dilla Adilya Safitri memimpin perlombaan hingga hari ketiga dengan catatan 10.0 poin mengungguli pelayar Jabar Amirotun Nisa Azahra (12.0) dan wakil Kaltim Fitriayana (17.0).

Marjin keunggulan yang sama dimiliki atlet DKI Nabila Sefiani yang memimpin di nomor RS One Putri dengan nilai bersih 8.0 poin, di atas Nenni Marlini dari Kaltim (10.0) serta pelayar Jatim Aiyah Agni Hamidah (16.0).

Nomor-nomor layar kategori putri akan melangsungkan perlombaan hari keempat pada Selasa (12/10) yang dilanjutkan upacara pengalungan medali.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021