Solo (ANTARA News) - Ratusan orang yang tergabung dalam Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) berdemonstrasi di depan kantor Kejaksaan Negeri Solo, Rabu, meminta pemerintah jangan mengorbankan Ustadz Abu Bakar Baasyir.

Sebelumnya mereka long march sejauh sekitar tiga kilometer dari Masjid Baitussalam Tipes ke Kantor Kejaksaaan Negeri Solo, sambil berorasi memberikan dukungan kepda Baasyir yang kini ditahan karena diduga terlibat jaringan terorisme.

Ratusan pengunjuk rasa tersebut setibanya di depan kantor Kejari, sekitar pukul 14.30 WIB, langsung berorasi sambil memperlihatkan sejumlah poster berisi kecaman bahwa kasus yang menimpa Ustads Baasyir adalah rekayasa.

Ketua LUIS Edi Lukito, dalam orasinya mengatakan, pihaknya meminta jaksa penuntut umum dan hakim tetap memiliki hati nurani, terkait akan disidangkannya Baasyir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/2).

"Kami tidak rela Ustadz kami dikorbankan demi tekanan dari asing," katanya.

Sementara, seratusan orang yang bergabung LUIS dan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Solo, telah diberangkatkan ke Jakarta untuk memberikan dukungan moral terhadap Baasyir dalam persidangan di PN Jakarta, Kamis (10/2).(*)

B018/A033

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011