BBC Luncurkan iPlayer untuk iPad dan Android

BBC Luncurkan iPlayer untuk iPad dan Android

BBC meluncurkan sebuah aplikasi iPlayer untuk perangkat mobile iPad dan Android (ANTARA News/istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Akhirnya BBC akan meluncurkan sebuah aplikasi iPlayer untuk perangkat mobile iPad dan Android, aplikasi itu membuat pengguna dapat menonton TV dan melihat program-program kesayangannya dari tujuh hari terakhir.

Awalnya aplikasi yang ditunggu-tunggu itu untuk iPad bukan iPhone, iPod Touches dan perangkat Android. Aplikasi itu akan diluncurkan pada Kamis, 10 Februari dan aplikasi itu akan berjalan dengan koneksi wifi.

Pengguna akan dapat menonton siaran TV BBC melalui aplikasi tersebut. Aplikasi gratis itu akan menawarkan pengguna sebuah pengalaman yang belum ditawarkan oleh lembaga penyiaran lainnya.

Sky menawarkan beberapa berita dan acara olahraga langsung melalui aplikasi mobilenya, tetapi mengharuskan para penggunanya untuk berlangganan mobile jika ingin mengaksesnya.

"Aplikasi itu merupakan bagian besar dari rencana kami untuk membuat BBC Online lebih mudah diakses pada perangkat mobile," kata kata Daniel Danker, Manager Umum Future Media and Technology.

"Sebelumnya, Aplikasi BBC News sukses sejak diluncurkan tahun lalu dan selanjutnya BBC iPlayer yang akan menjadi platformnya," ujarnya dikutip Telegraph.

Daniel Danker mengatakan aplikasi itu muncul pada saat yang tepat dimana orang-orang menggunakan iPlayer BBC pada perangkat mobilenya. Selama Natal, pertumbuhan penggunaan mobile BBC iPlayer melebihi pertumbuhan PC sekitar 2-ke-1, dan pertumbuhan BBC iPlayer melebihi pertumbuhan pada tablet PC sekitar 20-ke-1.

Sampai sekarang, pengguna perangkat iPad Android dapat menonton siaran TV BBC melalui iPlayer dengan browser. Namun, pengguna menginginkan aplikasi yang lebih cepat dan sederhana. Aplikasi itu telah disesuaikan untuk setiap perangkat.

Dengan cara yang sama, pengguna dapat menonton siaran TV BBC melalui iPlayer, tetapi pengguna yang menggunakan browser web TV harus mendapatkan lisensi terlebih dahulu, dan mereka yang menggunakan aplikasi baru untuk menonton langsung juga harus memerlukan lisensi.

Namun, saat ini BBC tidak memiliki cara untuk memaksa pengguna iPlayer atau aplikasi iPlayer untuk membayar biaya lisensi tahunan.

Aplikasi itu akan tersedia di Inggris secara Gratis. Pengguna tidak akan dapat menonton acara melalui 3G karena tidak ada bandwidth yang cukup untuk memberikan resolusi yang diperlukan.

(Adam/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar