Jakarta (ANTARA) - Festival musik dan budaya, Glastonbury 2023, berhasil menorehkan rekor baru untuk capaian penonton daring yang menyaksikan dan mendengarkan gelaran tersebut melalui layanan BBC iPlayer dan BBC Sounds milik BBC.

Dilansir dari Variety, Selasa (27/6), konten festival Glasto telah mencatatkan angka rekor sebesar 50,3 juta kali pemutaran lewat layanan BBC iPlayer dan BBC Sounds, atau naik sebesar 47 persen dari tahun sebelumnya.

Secara detail, terdapat sebanyak 47,5 juta kali atau kenaikan sebesar 49 persen dibandingkan tahun 2022 untuk pemirsa streaming program Glasto lewat BBC iPlayer. Sedangkan di BBC Sounds, pendengar memutar konten Glasto sebanyak 2,8 juta kali. Capaian rekor ini naik 26 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Penampilan Elton John di Glastonbury bertabur bintang

Pada layanan BBC iPlayer, kanal live Glastonbury menjadi yang paling banyak diminati dengan penampilan perpisahan dari musisi Elton John yang tayang Minggu waktu setempat. Penampilan Elton John menjadi pemuncak urutan dengan total jumlah pengunjung layanan mencapai angka 4.3 juta kali.

Pada tempat kedua, kanal live hari Sabtu mendapatkan perhatian penonton sebanyak 3.8 juta penayangan, sedangkan kanal live pada hari Jumat berada pada posisi ketiga dengan raihan sebesar 3.2 juta penayangan. Sementara itu, tayangan live dari panggung Pyramid dan The Other menempati urutan selanjutnya dengan torehan sebesar 2.1 juta dan 1.9 juta pemutaran.

Di layanan lain, konten "Zoe Ball – Live from Worthy Farm" menjadi pemuncak di BBC Sounds, meliputi penampilan live dari Texas dan Olivia Dean, sesi obrolan bersama Fatboy Slim, Basil Brush dan penggagas Glasto Emily Eavis serta Joe Wicks. Beruntun pada posisi selanjutnya adalah konten "Dermot O’Leary – Live from Glastonbury", "Radio 1 Dance", "Jo Whiley – Live from Glastonbury", dan "Craig Charles: The Farm before the Storm".

Baca juga: Guns N' Roses dan Arctic Monkeys jadi penampil utama di Glastonbury
Baca juga: Billie Eilish akan jadi bintang utama termuda di Festival Glastonbury

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023