Los Angeles (ANTARA News) - Aktris peraih Oscar Elizabeth Taylor telah dirawat di satu rumah sakit di Los Angeles karena menderita gangguan jantung kongestif, yang paling akhir dari serangkaian masalah medis serius yang dihadapinya.

Elizabeth (78) dibawa ke Cedars-Sinai Medical Center awal pekan ini karena apa yang dikatakan managernya pada Jumat (11/2) sebagai "kondisi yang terus berlangsung".

"Elizabeth Taylor dibawa ke rumah sakit awal pekan ini ... ia menderita gejala yang ditimbulkan oleh gangguan jantung kongestif, kondisi yang berjalan terus. Masalah ini sedang ditangani ... Ia saat ini dirawat di rumah sakit untuk menjalani pemantauan," kata Sally Morrison di dalam satu pernyataan.

Elizabeth Taylor, yang lebih dari satu kali meraih Oscar dan terkenal karena delapan kali menikah --dua kali dengan aktor Richard Burton, menjalani operasi jantung pada 2009 untuk mengganti katup yang bocor.

Pada 2004 ia mengumumkan ia telah didiagnosis menderita gangguan ginjal kongestif --satu kondisi saat jantung tak bisa memompa cukup banyak darah ke organ lain.

"Keluarganya dan teman-teman dekatnya menghargai dukungan hangat dan perhatian dari penggemar setianya. Tapi mereka telah meminta semua orang menghormati privasinya dan memberi tim medisnya waktu dan ruang untuk memusatkan perhatian pada pemulihan kesehatannya," demikian antara lain isi pernyataan yang dikeluarkan managernya.

Pada 2006, ia tampil dalam wawancara di acara CNN "Larry King" untuk membantah laporan ia menderita sakit Alzheimer parah.

Elizabeth telah menjalani tiga operasi penggantian tulang pinggul, tumor otak jinak, kanker kulit dan radang paru-paru. Ia menjalani dua tahap perawatan di pusat rehabilitasi pada 1980-an karena kecanduan alkohol dan obat yang diresepkan dokter.

Nama Elizabeth Taylor pertama kali mencuat saat ia berusia 12 tahun lewat "National Velvet" dan menjadi terkal karena mata violetnya, kencantikannya dan cintanya pada permata.

Ia masih suka tampil di acara amal, terutama yang berkaitan dengan yayasan AIDS-nya. Tapi ia tak pernah tampil di layar sejak film TV 2001 "Old Broads". Penampilan terakhirnya di film Hollywood adalah dalam komedia aksi live 1994 "The Flintstones", demikian Reuters.

(C003/A011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011