New York (ANTARA News) - Aktris legendaris Hollywood yang antara lain dikenal melalui film "Cleopatra", Elizabeth Taylor, tutup usia pada hari Rabu di Los Angeles, California, pada usia 79 tahun.

Menurut laporan media AS, aktris yang sepanjang hidupnya dikenal memiliki kecantikan tersendiri serta identik dengan dunia glamor pusat perfilman Amerika, Hollywood, itu menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles.

Enam minggu yang lalu, Elizabeth juga dilaporkan dirawat di rumah sakit karena masalah di jantung yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Elizabeth, atau juga dikenal dengan Liz, mulai bermain film pada umur 9 tahun dan karirnya di bidang akting dengan cepat menanjak melalui sejumlah film yang dibintanginya, antara lain dari "National Velvet", "A Place in the Sun" hingga "Cleopatra".

Dalam menjalankan karirnya sebagai aktris yang terlibat dalam setidaknya 50 film selama kurun waktu lebih dari 70 tahun, Liz telah memenangi dua Academy Awards (Piala Oscar) sebagai aktris terbaik melalui film "Butterfield 8" (tahun 1960) dan "Who`s Afraid of Virginia Woolf" (1966).

Liz, yang bernama lengkap Dame Elizabeth Rosemond Taylor, DBE, dilahirkan di Hampstead, London, Inggris, pada tanggal 27 Februari 1932).

Selain prestasi di bidang akting, Liz juga dikenal karena kisah-kisah percintaannya yang banyak disorot media.

Sepanjang hidupnya, Liz pernah menikah sebanyak delapan kali dan bercerai tujuh kali.

Perjalanan cintanya itu termasuk menjanda ketika ditinggal mati suami ketiganya, Michael Todd, serta menikah dua kali dan bercerai dua kali pula dengan aktor Richard Burton. (*)

(T.K-TNY/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011