PON Papua

Basket 3x3 putra Jatim terima perunggu PON Papua dengan lapang dada

Basket 3x3 putra Jatim terima perunggu PON Papua dengan lapang dada

Tim bola basket 3x3 putra Jawa Timur memamerkan medali perunggu PON XX Papua di Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis (14/10/2021). Jawa Timur meraih perunggu setelah menundukkan Jawa Tengah 19-15 pada laga perebutan tempat ketiga. ANTARA/Michael Siahaan

Mimika (ANTARA) - Tim bola basket 3x3 putra Jawa Timur menerima prestasi medali perunggu PON XX Papua dengan lapang dada.

"Menang, kalah itu wajar. Yang penting bagaimana kami bisa 'bounce back' (bangkit-red) dari kekalahan dan pada akhirnya menang," ujar pemain Jawa Timur Widyanta Putra Teja di Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis (14/10).

Tim putra Jawa Timur sejatinya ditargetkan untuk mendapatakan medali emas dari cabang olahraga 3x3 PON Papua.

Skuad mereka pun cukup tangguh dengan keberadaan Widyanta yang berstatus pemain tim nasional bola basket Indonesia.

Namun, mereka ternyata dikandaskan oleh Jawa Barat 9-13 pada babak semifinal. Jawa Timur lalu melangkah ke laga perebutan tempat ketiga melawan Jawa Tengah dan menundukkan lawannya 19-15.

"Cara kami bangkit pada laga terakhir itu luar biasa," kata pebola basket berusia 24 tahun itu.

Bagi Widyanta Teja, PON Papua menjadi PON keduanya sepanjang karier. Sebelumnya, pada PON 2016, dia membela tim bola basket 5x5 Jawa Timur dan mengantar daerahnya mendapatkan medali perak.

Widyanta pun secara khusus berterima kasih kepada semua orang yang memberikannya kesempatan untuk kembali memperkuat Jawa Timur di PON Papua, meski kali ini pada cabang olahraga bola basket 3x3.

"Terima kasih untuk staf, pelatih dan manajemen. Pasti juga buat teman-teman yang berkorban waktu, keringat dan tenaga sehingga kami bisa sampai di sini. Kami bahagia mendapatkan medali perunggu atau apapun itu," tutur pemain klub West Bandits Solo itu.

Meski "cuma" memperoleh medali perunggu, penampilan tim putra Jawa Timur sebenarnya tidak terlalu buruk di PON Papua.

Dari lima laga yang mereka tuntaskan, Jawa Timur total membuat 85 poin atau rata-rata 17 poin per-pertandingan. Rasio kemenangan mereka mencapai 80 persen.

Baca juga: Bola basket 3x3 putra DKI Jakarta rengkuh medali emas
Baca juga: Papua rebut emas basket 3x3 putri PON Papua setelah tekuk Bali 14-4
Baca juga: Medali perunggu basket 3x3 putri dibawa pulang DKI Jakarta

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar