Padang (ANTARA News) - Gempa darat berkekuatan 3,8 skala Richter (SR) dengan kedalaman 10 km mengguncang wilayah barat Kota Bukittinggi, tepatnya di kawasan Malalak Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padangpanjang, Senin, ketika dikonfirmasi membenarkan terjadi gempa tektonik sekitar pukul 16:15:34 WIB.

Staf BMKG Padangpanjang, Nevi menyebutkan, gempa pada 13 km barat daya Kota Bukittinggi, guncangannya dirasakan di Bukittinggi dan Padangpanjang.

Sebelumnya sekitar pukul 15.12 WIB gempa darat berkekuatan 3,1 SR dengan kedalaman 10 km. Lokasi masih delapan km barat daya Bukittinggi.

Warga Bukittinggi, Hamri ketika dikonfirmasi membenarkan dirasakan guncangan gempa pada pukul 16.15 WIB, khususnya yang berada pada bangunan tingkat dua.

Namun, guncangan tidak begitu keras dan tidak membuat paniknya warga, dan mengganggu aktivitas masyarakat di Bukittinggi dan Agam.

"Sebagian warga merasakan guncangan gempa, tapi tidak mempengaruhi aktivitas," katanya dan menambahkan, tidak ada informasi kerusakan bangunan bangunan akibat gempa tersebut.(*)

(T.KR-SA/A035)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011