London (ANTARA News) - Promosi budaya sekaligus acara pengalang dana membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu digelar mahasiswa Grenoble Ecole de Management yang tergabung dalam Asosiasi Savoir Oser Solidarite (SOS) dan Aloha di kota Grenoble, Perancis.

Dalam acara Gala Amal "Solid Asia" itu ditampilkan pagelaran busana tradisional Indonesia serta tari-tarian berlangsung meriah mendapat sambutan dari para pengunjung, demikian Sekretaris Tiga Fungsi Pensosbud KBRI Paris, Gita L. Murti dalam keterangan yang diterima Antara London, Selasa.

Pertunjukan tari-tarian diantaranya tari Pendet, tari Tayub, tari Belibis, tari Yapong, tari Jayengrana, tari Kandagan, dan tari Saman dibawakan tim kesenian KBRI Paris dan anggota PPI Perancis.

Selain itu juga digelar pertunjukan seni bela diri Taiji Quan dan Tae Kwon Do serta bazar makanan dan minuman
tradisional dari Negara Asia dan produk kerajinan tangan tradisional, demo membatik yang dilakukan anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Perancis.

Pada kesempatan tersebut Atase Pendidikan KBRI Paris Syafsir Akhlus, menyambut baik inisiatif digelar acara sosial oleh mahasiswa dan sekaligus sarana promosi kebudayaan Indonesia.

Secara khusus, Syafsir Akhlus, menyampaikan salah satu tari yang dipertunjukkan Tari Saman dari Aceh didaftarkan sebagai warisan budaya dunia tak benda UNESCO agar terjaga pelestariannya dan lebih dikenal masyarakat internasional.

Gita L. Murti mengatakan KBRI Paris memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membagikan brosur pariwisata Indonesia dan suvenir Indonesia kepada para pengunjung, selain membantu acara pementasan budaya dan ikut promosi membatik.

Sebelum diadakan Gala Solid Asia, pihak SOS dan Aloha berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar 3.000 Euro yang didapat dari berbagai perusahaan sponsor setempat.

Seluruh dana yang terkumpul dari acara malam itu dan rangkaian kegiatan sebelumnya akan diserahkan kepada Yayasan Anak Bali pada bulan Mei-Juni mendatang.

Para anggota SOS dan Aloha juga akan berkunjung ke Bali untuk menjadi sukarelawan Yayasan Anak Bali pada bulan-bulan tersebut.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Solid Asia, asosiasi SOS dan Aloha mengelar kursus singkat bahasa Indonesia dan tari Bali untuk mahasiswa Grenoble Ecole de Management dan masyarakat setempat dua hari sebelum penyelenggaraan acara tersebut.

Asosiasi SOS (Savoir Oser Solidarite) dan Aloha yang bergerak dalam bidang sosial terutama membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu di negara-negara Asia.

Namun demikian khusus untuk Gala Solid Asia pada malam tersebut, seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan membantu anak-anak yang kurang mampu di Bali melalui Yayasan Anak Bali. (ZG/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011