Kudus (ANTARA News) - Ini fulus untuk Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang  mendapatkan gelontoran alokasi dana bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jateng pada APBD 2011 sebesar Rp33,507 miliar.

"Bantuan sebesar Rp33,507 miliar itu, meliputi bantuan sarana dan prasarana Rp15,16 miliar, Forum untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantuan Tenaga Kerja (FEDEP) Rp70 juta, TNI Manunggal Mbangun Desa (TMMD) Rp298 juta, profil daerah Rp50 juta, Primatani Rp200 juta, dan bantuan pendidikan Rp17,73 miliar," kata Wakil Ketua DPRD Kudus Agus Darmawan, di Kudus, Selasa.

Ia mengatakan, bantuan keuangan tersebut dialokasikan dalam peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Kudus tahun anggaran 2011, mengingat ada penyempurnaan rancangan Perda Kabupaten Kudus tentang APBD Tahun 2011 berdasarkan hasil evaluasi Gubernur Jateng.

Untuk mencapai hasil maksimal dalam pelaksanaan kegiatan yang didanai APBD, katanya, harus diimbangi dengan proses pencairan dana yang lebih awal.

"Apabila proses pencairannya terlalu lama, dikhawatirkan berpengaruh terhadap sejumlah proses tahapan pelaksanaan kegiatan pembangunan di kota ini," ujarnya.

Selain itu, kata dia, hasil kegiatan yang terlaksana juga kurang maksimal, mengingat waktu yang dimiliki terbatas. "Hal seperti ini, jangan sampai terjadi," ujarnya.

Bupati Kudus Musthofa mengungkapkan, bantuan keuangan sebesar Rp33,507 miliar dari Provinsi Jateng akan dilaksanakan sesuai ketentuan.

"Kami juga akan berupaya mengoptimalkan pemungutan dari berbagai bidang," ujarnya.
(*)



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011